Beli Mobil Listrik Di Italia, Subsidi Hampir Rp100 Juta

Beli Mobil Listrik di Italia, Subsidi Hampir Rp100 Juta Mobil listrik yang dipasarkan di Italia (Dok: istimewa)

KabarOto.com – Dalam rangka mendukung industri otomotif di negaranya, Italia mensubsidi hingga Rp 94 jutaan untuk pembelian kendaraan elektrifikasi. Mobil listrik yang mendapatkan subsidi penuh harus memiliki harga di bawah Rp 552 jutaan.

Pemerintah Italia juga telah menyiapkan biaya $9,6 miliar untuk subsidi mobil listrik hingga tahun 2030. Di mana, $775 juta dialokasikan untuk tahun ini.

Baca Juga : Aston Martin Bakal Produksi Baterai Khusus Mobil Listrik Berperforma Tinggi

Bukan hanya itu, Pemerintah Italia juga memberikan subsidi hingga Rp 39 jutaan kepada konsumen yang ingin membeli mobil hybrid. Untuk pemilik mobil yang memiliki kendaraan dengan tahun produksi tua mendapatkan ganti rugi Rp 19 jutaan, jika ingin membuang mobilnya.

Italia bergabung dengan Amerika Serikat dan negara-negara lain dalam menawarkan insentif kepada pembeli untuk membeli mobil listrik dan tidak berpolusi.

Baca Juga : 17 Mobil Listrik Hyundai Dan Genesis Diluncurkan Hingga Tahun 2030

Pemerintah Amerika Serikat telah berkoordinasi dengan mitra dagangnya, karena mengusulkan insentif yang lebih besar untuk kendaraan yang dibuat di dalam negeri oleh serikat pekerja.

Menteri Transisi Ekologi Italia baru-baru ini telah berbicara dengan Uni Eropa untuk membuat pengecualian dari larangan tahun 2035 yang diusulkan dari mesin pembakaran internal untuk produsen supercar bervolume rendah. Sebab, produsen supercar itu terlalu kecil untuk beralih ke elektrifikasi secepat produsen dengan produksi bervolume tinggi.