Beli Motor Listrik Dapat Subsidi Rp6,5 Juta Mulai Tahun 2023

Beli Motor Listrik Dapat Subsidi Rp6,5 Juta Mulai Tahun 2023 Motor listrik Alva One (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Pembelian sepeda motor listrik di Indonesia akan mendapatkan diskon atau subsidi dari pemerintah. Dengan subsidi ini, diperkirakan harga motor listrik akan lebih murah.

Kabar ini disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan yang membocorkan untuk pembelian motor listrik akan mendapatkan subsidi mulai tahun depan.

"Sepeda motor nanti ganti saja dengan motor listrik tahun depan, nanti akan ada subsidi," ungkap Luhut saat acara yang ditayangkan di channel Youtube PermataBank, Rabu kemarin (30/11).

Baca juga: Motor Listrik Alva One Bekas KTT G20 Bali Tidak Dijual

Dirinya menambahkan bahwa pemerintah tengah menyiapkan regulasinya. Besaran subsidi masih dalam tahap finalisasi, mungkin subsidinya mencapai Rp 6 jutaan.

"Subsidi sepeda motor listrik masih tahap finalisasi. Angkanya mungkin Rp 6 juta, di Thailand mungkin Rp 7 juta, di kita mungkin sekitar Rp 6,5 juta," tambah Luhut.

Baca juga: Mau Coba Sensasi Kendarai Motor Listrik Yamaha E01? Berikut Caranya

Sementara itu, Chief Business Officer PT Ilectra Motor Group (IMG), Putu Swaditya Yudha mengatakan pihaknya akan mendukung kebijakan pemerintah terkait subsidi untuk pembelian motor listrik di Indonesia.

"Peraturan ini baru saja keluar ya, jadi kami menunggu kepastiannya lebih lanjut. Pada intinya kami mendukung agar industri ini terus bertumbuh," ungkap Aditya saat ditemui di Jakarta, Rabu (30/11).

Seperti diketahui, PT Ilectra Motor Group (IMG) pemegang merek motor listrik Alva melakukan serah terima kepada 10 konsumen. Sekaligus memperkenalkan diler pertama, di kawasan Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta Selatan.

Setelah diluncurkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, motor listrik Alva One diklaim sudah dipesan sebanyak ribuan unit.