POPULAR STORIES

Beli Pabrik Ford Di India, Tata Motors Bakal Produksi Mobil Listrik

Beli Pabrik Ford di India, Tata Motors Bakal Produksi Mobil Listrik Mobil lisrik Tata Tigor (Foto: Tata Motors)

KabarOto.com - Ford dilaporkan menjual salah satu pabriknya di India kepada Tata Motors, dan akan digunakan untuk memproduksi mobil listrik di Negeri Bollywood.

Pabrik Sanand yang terletak di Negara bagian Gujarat barat sudah mulai dipasarkan ketika Ford mengumumkan bahwa mereka berhenti memproduksi mobil di India, karena mendapatkan pangsa pasar kurang dari 2 persen.

Pabrikan mobil asal Amerika Serikat berjuang selama dua dekade untuk mencari keuntungan di pasar otomotif India, sebelum menginformasikan pihaknya pamit dua bulan lalu.

Baca juga: Soal Mobil Listrik, Ini Target Tata Motors Lima Tahun Lagi

Menurut Reuters, penjualan pabrik akan mencakup tanah yang didudukinya, semua aset, dan karyawan. Harga penjualan tidak diungkapkan, tetapi The Economic Times melaporkan bahwa harganya mungkin sekitar US$100-150 juta. Selain insentif pemerintah, Tata Motors juga telah mengumpulkan 1 miliar dolar dari perusahaan swasta TPG untuk bisnis mobil listriknya.

Konsep mobil listrik Tata Motors

“Meningkatnya preferensi pelanggan untuk kendaraan penumpang dan listrik yang dibuat oleh Tata Motors telah menyebabkan pertumbuhan berlipat ganda. Potensi transaksi ini akan mendukung perluasan kapasitas,” kata Shailesh Chandra, Direktur Pelaksana Tata Passenger Electric Mobility.

Baca juga: Tata Motors Hadirkan Lawan Suzuki Ignis

Sebagai informasi, Tata Motors mendominasi pasar mobil listrik di India dan berencana untuk mengembangkannya lebih jauh dengan insentif miliaran dolar dari pemerintah. Kapasitas produksi diharapkan menjadi 300.000 unit per tahun setelah mesin baru dipasang untuk meningkatkan produksi EV, dengan kapasitas meningkat menjadi 400.000 segera setelahnya.

Penjualan pabrik ini tidak termasuk pabrik kedua Ford di India, yang memproduksi mesin untuk pasar ekspor.