Soal Mobil Listrik, Ini Target Tata Motors Lima Tahun Lagi

Soal Mobil Listrik, Ini Target Tata Motors Lima Tahun Lagi Sumber foto : Tata Motors

KabarOto.com – Pabrikan mobil di Eropa tengah mempercepat langkah menuju kendaraan elektrifikasi. Hal tersebut juga dilakukan oleh pabrikan mobil dari belahan dunia lain.

Dalam hal ini, Tata Motors yang menetapkan target penjualan 25% untuk mobil listriknya dalam waktu lima tahun ke depan. Meskipun presentasenya tidak terlalu besar, namun bagi pabrikan mobil asal India ini merupakan langkah yang sangat penting.

"Melalui kendaraan listrik, kami akan menargetkan penetrasi 25% dalam portofolio kami dalam waktu lima tahun ke depan,” ungkap President of Tata Passenger Vehicle, Shailesh Chandra.

Baca Juga : Tata Motors Sentuh Produksi 4 Juta Kendaraan Penumpang

Berarti setiap satu dari empat kendaraan baru yang dijual oleh Tata Motors merupakan kendaraan listrik.

Chandra menambahkan bahwa semua rencana yang sudah dibuat dapat terwujud karena harga baterai mobil listrik semakin murah dan biaya perawatan mobil bermesin bensin semakin mahal karena guna memenuhi peraturan emisi yang semakin ketat.

Baca Juga : 6 Mobil Tata Motors Diluncurkan Awal Tahun 2021

Sebagai informasi, Tata Motors sendiri merupakan pemimpin dalam penjualan mobil listrik di India dengan pangsa pasar 70%. Namun, segmen mobil listrik masih terlalu kecil di India. Oleh sebab itu, pabrikan ini belum mau berinvestasi penuh untuk mobil listrik.

Soal produk, Tata Nexon EV yang diluncurkan pada tahun 2020 merupakan mobil listrik terlaris di India, dengan jumlah pesanan sebanyak 2.000 unit per bulan. Setelah itu, ada Tata Tigor EV yang diluncurkan pada tahun 2021.

Kabarnya, Tata Motors akan meluncurkan delapan mobil listrik hingga tahun 2025. Seluruh mobil listrik yang akan diluncurkan akan menggunakan platform baru khusus mobil listrik.