POPULAR STORIES

Berapa Kamera Dalam Mobil F1? Yuk Cari Tahu

Berapa Kamera Dalam Mobil F1? Yuk Cari Tahu Foto : F1.

KabarOto.com - Di setiap mobil Formula 1 biasanya akan disematkan beberapa kamera. Bukan hanya untuk entertainment bagi penonton yang melihat di layar kaca, tapi bisa juga untuk identifikasi bila terjadi insiden saat balapan. Tapi sebenarnya ada berapa kamera dalam sebuah mobil F1?

Sejak tahun 1998, setiap mobil di F1 telah dilengkapi dengan setidaknya tiga kamera onboard. Tapi saat ini, setiap mobil akan mendapat 5 kamera onboard. Dua tepat di atas helm pengemudi, satu menghadap ke depan, dan satu lagi ke belakang.

Contoh tampilan kamera di mobil F1.

Lalu tiga lagi di hidung dan sasis, satu kamera di bagian hidung, dan sasis meliputi kamera di sayap depan, cover mesin, halo dan kaca spion bagian dalam, meski tidak semuanya digunakan di setiap balapan. Tapi ada inovasi baru pada tahun 2022, semua pengemudi yang memakai helm bermerek Bell memasang kamera pada tahun 2023.

Baca Juga : Reli Dakar Kelas Truk Perlu 3 Awak, Bagaimana Perannya?

Kamera helm adalah kamera mikro yang ditempatkan di dalam helm pengemudi, setinggi mata, dan di bantalan pelindung sehingga penonton bisa melihat apa yang pembalap lihat saat balapan.

Baca Juga : McLaren MCL38 Siap Lakoni Musim F1 2024

Kamera ini memiliki ukuran sangat kecil diameter hanya 8 mm, dan berat tidak lebih dari 2,5 gram, sehingga tidak menimbulkan gangguan atau ketidaknyamanan bagi pengemudi ketika digunakan.