Berapa Rekor Kecepatan Mobil Formula 1?

Berapa Rekor Kecepatan Mobil Formula 1? Dok : F1

KabarOto.com – Mobil Formula 1 memang merupakan kasta tertinggi balap mobil, kecepatannya pun sudah tidak diragukan lagi. Namun berapa sih rekor kecepatan tertinggi sebuah mobil F1 yang pernah tercatat?

Jawaban resminya mungkin terjawab di projek Honda Bonneville 400, yang mencapai rata-rata 397,360 kpj, namun perlu diketahui rekor ini bukan dicetak di trek. Pasalnya sebuah mobil F1 tidak mungkin mencapai kecepatan maksimalnya karena berbagai pertimbangan, misalnya efek downforce, karakter trek, bentuk trek dan sebagainya di mana memang ditujukkan untuk mobil lebih cepat dan stabil saat berbelok.

Baca juga: Setelah F1 Austria 2022, Red Bull Racing Masih Kokoh Di Puncak Klasemen Konstruktor

Rekor tercepat mobil F1 saat ini dicatat oleh tim BAR Honda pada 2006, di Bonneville, Nevada, Amerika Serikat. Pengemudinya adalah Alan van Der Merwe yang kita kenal sekarang sebagai pengemudi Medical Car F1.

Mobil yang digunakan adalah BAR007 atau RA106, dimodifikasi sedemikian rupa supaya mengurangi efek downforce, bahkan tidak ada sayap belakang. Lalu bagian side pod sengaja didesain agar mengurangi hambatan. Begitu juga tim menambahkan penstabil dan pemberat agar ban mendapat traksi di dataran garam ini.

Tidak hanya bodi, namun girbok sedikit diubah, walau mesin masih mempertahankan standarnya. Girbok dengan gigi atas lebih panjang agar napas mobil tidak habis ketika digeber.

Baca juga: Tiga Peraih Podium F1 Austria 2022 Harus Bayar Denda, Kenapa?

Sebenarnya mobil ini sempat melakukan tes di gurun Mojave dengan kecepatan 413 kpj. Namun itu bukan rekor catatan resmi.

Sebab catatan resmi adalah mobil melakukan tes dengan arah bolak-balik dan diambil kecepatan rata-rata dari dua kali tes tersebut.