POPULAR STORIES

Berikan Edukasi Pada Masyarakat, Tilang Manual Kembali Diberlakukan

Berikan Edukasi Pada Masyarakat, Tilang Manual Kembali Diberlakukan Foto : NTMC Polri

KabarOto.com - Kembali memberlakukan tilang manual bagi pengendara yang melanggar lalu lintas, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman menyatakan, edukasi terkait pelanggaran yang dilakukan menjadi salah satu poin utama.

Tak hanya itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk lebih taat aturan berlalu lintas, sehingga berkendara yang aman dan nyaman bisa terwujud.

Baca Juga : Polri Kembali Berlakukan Tilang Manual, Ini Alasannya

"Bahwa tilang manual yang sudah kita berlakukan kembali adanya tujuannya, sekali lagi saya ingatkan, bukan untuk kita banyak-banyak menilang. Tapi sebetulnya memberikan edukasi kepada masyarakat, bahwa seluruh ruas jalan ini sudah ada petugas, yang pasti apabila melihat pelanggaran pasti akan dilakukan penindakan,” kata Latif.

Selain itu, penindakan yang dilakukan pihak kepolisian tidak cuma melakukan tilang. Menurutnya, mengingatkan masyarakat soal pelanggaran yang dilakukan juga bentuk penindakan.

Foto : NTMC Polri

"Penindakan ini tidak konotasinya harus dengan tilang, ada tahapannya, semua kegiatan kepolisian yang mengingatkan kepada pelanggar, itu adalah suatu tindakan,” terangnya.

Latif juga mengimbau masyarakat untuk tidak takut dengan polisi yang bertugas. Dia menyebut tilang manual bukan untuk mempersulit masyarakat.

"Ini perlu dipahami, sehingga masyarakat betul jangan takut ada polisi, justru polisi akan membantu rekan-rekan. Jadi kami melakukan tindakan itu bukan untuk menyulitkan para pengguna jalan, tapi untuk mengingatkan untuk menjaga keselamatan mereka,” jelasnya.

Baca Juga : Tilang Manual Kembali Diberlakukan di Wilayah Tak Terjangkau ETLE

Meski tilang manual kembali diberlakukan, pengembangan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) masih terus dilakukan.

"Walaupun yang tetap kita kembangkan adalah e-TLE statis maupu e-TLE mobile yang ada di Jakarta ini. Tilang ini adalah untuk mengimbangi saja yang manual. Tetapi yang akan kita kembangkan terus adalah e-TLE mobile maupun e-TLE statis yang ada di Jakarta ini,” ungkapnya.

Sebelumnya, tilang manual kembali diterapkan di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Meski tilang manual diberlakukan kembali, pihak kepolisian tetap akan memaksimalkan penindakan dengan tilang elektronik.