POPULAR STORIES

Berkat Konstruksi Dalamnya, Sokbreker Tein Diklaim Tetap Nyaman

Berkat Konstruksi Dalamnya, Sokbreker Tein Diklaim Tetap Nyaman Sumber : Car Watch

KabarOto.com – Seperti kita ketahui, Tein merupakan merek asal Jepang yang sangat berpengalaman dalam part modifikasi khususnya suspensi. Contoh paling sering ditemui ialah lowering kit serta coilover untuk keperluan performa harian serta balapan.

Nah tetapi kali ini berbeda nih, sebab ternyata Tein juga mengeluarkan produk suspensi untuk keperluan sehari-hari lebih nyaman loh. Karena kalau suspensi aftermarket itu biasanya karakter dibuat lebih keras agar mobil dapat lebih stabil di kecepatan tinggi.

Produknya ini berupa sokbreker, seperti standar pabrikan tanpa mempengaruhi ground clearance mobil bernama EnduraPro, terdapat 2 tipe yakni biasa dan PLUS. Lalu apa perbedaannya?

Jika EnduraPro tidak bisa dilakukan seting bantingannya, sementara EnduraPro Plus dapat pengaturan bantingan lebih empuk atau keras.

Baca Juga : Ini Resiko Potong Per Agar Terlihat Ceper

Tein membuat sokbreker jenis dual tube ini diperuntukan untuk pasar Asia selain Jepang, sebab banyak negara yang jalannya cukup jelek dan kasar sehingga mobil terasa tidak nyaman. Dan inilah peran EnduraPro demi meredam guncangan tersebut.

Tein menjelaskan kenapa sokbreker ini bisa lebih nyaman?

Karena konstruksi bagian dalamnya terdapat bahan seperti per, teknologi tersebut dinamakan Hydro Bump Stopper untuk mendorong travel kembali keatas, disini kita sudah tidak memerlukan lagi penggunaan stopper, sebab stopper membuat travel sok jadi sedikit sehingga tidak nyaman.

Baca Juga : Asiknya Pakai Coilover Untuk Pemakaian Harian

Walau fungsinya untuk menggantikan sokbreker standar, tetapi kualitas material dan pembuatan diklaim lebih berdaya tahan lama loh.

Misalnya saja dari ketebalan besi, bahan EnduraPro lebih tebal hampir 2 kali lipat dari bawaan pabrik. Lalu finishing warna menggunakan 2 lapisan ditambah powder coating, sehingga lebih awet dan tahan baret ketimbang cat biasa.

Untuk EnduraPro Plus ada 16 step pengaturan tingkat kekerasan, dimana setingan paling empuk nyaman penggunaan dalam kota yang jalannya cukup bergelombang.

Sementara setting netral, cocok untuk digunakan ketika berjalan di tol, dimana mobil jadi lebih stabil dan menimalisir gejala limbung. Dan pengaturan paling keras cocok jika mobil ingin melakukan manuver ekstrem.

Soal harganya, Tein membanderol EnduraPro dan EnduraPro Plus sekitar 10.000 - 20.000 yen atau sekitar Rp 2 hingga 3 jutaan per pasang di Jepang, mungkin ketika sampai di Indonesia akan lebih mahal sedikit. Dan kabarnya keawetan bisa digunakan sampai jarak 60.000 km lebih loh.