Bisa Fatal, Perhatikan Juga Eksterior Dan Interior Saat Beli Mobil Bekas

Bisa Fatal, Perhatikan juga Eksterior dan Interior Saat Beli Mobil Bekas Foto: Wandha/KO

KabarOto.com - Saat membeli mobil bekas, memeriksa bagian interior dan eksterior juga tidak kalah penting. Bahkan bagian ini juga mempengaruhi tinggi rendahnya harga kendaraan. Sebenarnya, cukup mudah untuk menentukan apakah mobil bekas idaman Sobat KabarOto layak atau tidak dikenakan harga sekian.

Terkait eksterior perlu diperhatikan adalah kemulusan bodi. Sobat KabarOto harus teliti melihat bodi mobil secara keseluruhan. Edwin Obet pelaku bisnis jual beli mobil Big Joe menyarankan untuk melihat dan meneliti eksterior, khususnya bodi mobil di bawah sinar matahari.

"Pokoknya (kalau cek) ada matahari deh, jangan dibawah sinar lampu. Biar kelihatan catnya ada belang atau enggak. Lalu perhatikan tulang-tulang (lekukan) asli mobilnya," jelasnya.

Baca Juga: HD Car Care Buka Workshop Perawatan Interior Dan Eksterior Mobil Di Jakarta Utara

Sebaiknya Sobat KabarOto hindari membeli mobil bekas tabrakan, karena mobil ini cukup berisiko. Menurut Ricky selaku pemilik Sumber Jaya Motor, kalau mobil nabraknya sudah parah efeknya bisa sampai ke mesin dan lainnya.

Nah, bagian eksterior lainnya yaitu karet kaca. Sobat KabarOto bisa cek apakah karetnya sudah getas atau belum. Perlu diteliti juga terkait noda, kalau ada bekas cat yang menempel di bagian tersebut, kemungkinan panel itu sudah pernah dicat ulang.

"Kalau dicat ulang begitu, nanti muncul pertanyaan kan, kenapa di re-paint? Lecet karena tabrakan atau apa? Perhatikan lagi tulang-tulangnya, masih original atau sudah bentuk ulang," tambah Edwin Obet.

Baca Juga: Ini Tips Agar Interior Tidak Cepat Rusak

Berbicara interior sepertinya bagian ini cukup dianggap remeh. Tapi Sobat KabarOto harus tetap memperhatikan loh, pastikan interiornya rapi dan bersih. Hal ini menandakan bahwa mobil tersebut terawat. Kemudian, cek keutuhan tombol panel serta fungsinya.

"Kalau bisa service record-nya di bengkel resmi, jangan bengkel asal. Soalnya rata-rata mobil sekarang sudah pakai sistem komputer, jadi misal disambung ke komputer langsung ke-detect yang rusak apanya aja," tutup pria yang akrab disapa Obet.