BMW I4 Dapat Hasil Kurang Maksimal Euro NCAP

BMW i4 Dapat Hasil Kurang Maksimal Euro NCAP Ilustrasi pengujian tabrakan (Euro NCAP)

KabarOto.com – BMW i4 mendapat hasil kurang maksimal dalam pengujian tabrakan yang dilakukan Euro NCAP. Sedan listrik tersebut hanya mendapat nilai bintang empat.

Bukan berarti jelek, fitur keselamatan di BMW i4 sangat mumpuni. Terbukti ketika pengetesan tabrakan dari depan baik full atau 50% bagian, setiap airbag bekerja dengan sempurna, seperti dua titik di depan dan airbag jendela.

Baca Juga : BMW I4, Sudah Tampil Wujud Aslinya

Lalu saat pengujian tabrakan dari samping, dan mensimulasikan mobil menabrak tiang di sisi samping, airbag juga bekerja dengan baik untuk mengurangi cedera penumpang.

Namun memang i4 belum dilengkapi airbag tengah sehingga ada kemungkinan pengemudi dan penumpang depan mengalami kontak saat insiden terjadi. Penilaian untuk keamanan penumpang dewasa dan anak-anak masing-masing mendapat nilai 87%.

Sistem sensor bantuan pengereman saat adanya kendaraan lain dan orang menyebrang juga, semuanya berhasil dilewati dengan cukup baik, namun saat pengetesan pesepeda mobil sempat menyenggol sedikit di bagian belakang sepeda. Oleh karenanya NCAP memberi nilai 71%

Baca Juga : BMW I4 M50 Safety Car Akan Nongol Di MotoGP Austria

Selain itu sistem batas jalan dan batas garis jalanan pun dites apakah bekerja baik atau tidak. Hasilnya pun cukup positif karena fitur bekerja dengan baik dan mendapat nilai 64%.

Tenaga baterai 80 kWh cukup besar yang diklaim 544 dk, dan torsi maksimal 795 Nm memungkinkan akselerasinya 0-100 kpj bisa tembus 3,9 detik. Jarak tempuh mobil pun cukup jauh hingga 510 km untuk sekali pengisian baterai. Namun bila memilih penggerak roda belakang saja, jarak tempuh bisa mencapai 590 km.