POPULAR STORIES

BMW IX5 Hydrogen Akan Siap Produksi Di Jerman

BMW iX5 Hydrogen akan Siap Produksi di Jerman Foto: BMW Group

KabarOto.com - BMW Group akan memproduksi BMW iX5 Hydrogen di Munich, Jerman. Ini merupakan bukti serius BMW dalam mengembangkan dan memproduksi kendaraan berbahan bakar hidrogen selain kendaraan berbasis listrik yang sudah dulu hadir.

BMW iX5 Hydrogen yang dikembangkan berdasarkan BMW X5 saat ini pertama kali diluncurkan sebagai konsep di acara IAA pada tahun 2019. Prototipe awal kemudian tersedia di IAA Mobility 2021 agar pengunjung dapat merasakan pengalaman beraksi sebagai kendaraan antar-jemput.

Baca juga: BMW X5 M Dan X6 M Competition Hasil Penyempurnaan Profil Mobil Performa Tinggi

BMW iX5 Hydrogen yang dikembangkan berdasarkan BMW X5

Sistem sel bahan bakar hidrogennya merupakan bukti lebih lanjut dari keahlian pengembangan terdepan BMW Group di bidang teknologi penggerak listrik. BMW Group secara sistematis mendorong pengembangan teknologi sel bahan bakar hidrogen sebagai opsi tambahan untuk mobilitas individu bebas emisi lokal di masa depan.

“Hidrogen adalah sumber energi serbaguna yang memiliki peran kunci dalam proses transisi energi dan karenanya dalam perlindungan iklim. Lagi pula, ini adalah salah satu cara paling efisien untuk menyimpan dan mengangkut energi terbarukan," ungkap Oliver Zipse, Ketua Dewan Manajemen BMW AG.

Baca juga: AC Schnitzer Buat BMW M3 Touring Lebih Agresif

Mesin hydrogen sanggup memuntahkan tenaga sebesar 401 dk

BMW iX5 Hydrogen sedang dibangun di pabrik percontohan BMW Group di Research and Innovation Center (FIZ) di Munich, Jerman. Ini adalah antarmuka antara pengembangan dan produksi di mana setiap model baru dari merek BMW dibuat untuk pertama kalinya. Sekitar 900 orang bekerja di bengkel, perakitan, rekayasa model, konstruksi kendaraan konsep, dan manufaktur aditif.

Mereka ditugaskan untuk memastikan bahwa produk dan proses pembuatannya siap untuk produksi seri. Dalam kasus BMW iX5 Hydrogen, spesialis dalam teknologi hidrogen, pengembangan kendaraan, dan perakitan awal model-model baru telah bekerja sama secara erat untuk mengintegrasikan teknologi penggerak dan penyimpanan energi mutakhir.

Baca juga: Manhart MH4 600, Ketika BMW M4 Bertenaga 600 Dk

Interior sama seperti model seri X5

Hidrogen yang dibutuhkan untuk memasok sel bahan bakar disimpan dalam dua tangki 700 bar berbahan plastik yang diperkuat serat karbon (CFRP).

Bersama-sama ini menampung hampir 6 kg hidrogen, cukup untuk memberi BMW iX5 Hydrogen jarak 504 km dalam siklus WLTP. Mengisi tangki hidrogen hanya membutuhkan waktu tiga hingga empat menit.

Sehingga BMW iX5 Hydrogen juga dapat memberikan kenikmatan berkendara yang terkenal dari BMW untuk jarak jauh, hanya dengan beberapa pemberhentian singkat di sepanjang jalan.

Rangkuman data teknis, performa, konsumsi bahan bakar, dan angka jangkauan BMW iX5 Hydrogen

  • Tenaga maksimal 295 kW/401 dk

  • Electric continuous output of the fuel-cell system: 125 kW/170 dk

  • Maximum output of the battery (lithium-ion technology): 170 kW/231 dk

  • Maximum output of the highly integrated electric drive unit: 295 kW/401 dk

  • Kapasitas tangki hidrogen: 6 kg hydrogen (dalam bentuk gas)

  • Akselerasi 0-100 kpj sekitar 6 detik

  • Kecepatan tinggi 180 kpj

  • Konsumsi Hydrogen berdasarkan siklus WLTP: 1.19 kg/100 km

  • Jarak tempuh berdasarkan siklus WLTP: 504 km