POPULAR STORIES

BMW M4 GT4 Dipersiapkan Sebagai Pemborong Piala

BMW M4 GT4 Dipersiapkan Sebagai Pemborong Piala BMW M4 GT4 pengembangan BMW M Motorsport (foto: BMW)

KabarOto.com - BMW M4 GT4 meski baru tersedia untuk musim balap 2023, namun manufaktur yang berbasis di Munich mengklaim akan menjadi langganan podium. Pengetesan perdana sudah dilakukan pekan lalu di sirkuit Almeria, Spanyol.

Secara bertahap pengembangan akan dilakukan untuk menyempurnakan BMW M4 GT4 di atas aspal sirkuit kelas dunia, targetnya menjadi lebih baik dari pendahulunya. BMW tak sungkan pula bahwa masih membawa beberapa komponen dari BMW M4 GT3.

Baca juga: BMW M4 GT3, Buat yang Getol Balapan

Tentu saja divisi BMW M Motorsport yang bertanggung jawab melakukan berbagai hal penting terhadap detail kendaraan. Namun tugasnya cukup berat, tetap memerhatikan sisi kemudahan perawatan dan penanganan serta menekan biaya.

"Melalui BMW M4 GT4, kami akan menulis babak baru untuk melanjutkan kesuksesan berkelanjutan," ujar Thomas Felbermair, Vice President Sales and Marketing BMW M GmbH.

Dalam pengembangan M4 GT4, Thomas membeberkan bahwa BMW ingin tetap lebih kuat dari pendahulunya dan juga sekaligus meningkatkan kemampuannya di berbagai area. Dirinya percaya diri bahwa BMW M Motorsport dan pembalap akan sangat menikmati balapan dengan mobil tersebut. "Perburuan banyak lagi trofi di segmen GT4 mulai tahun 2023," tegas Thomas Felbermair.



Adapun BMW M4 GT4 dikembangkan berbasis mobil produksi massal BMW M4. Berawal dari sekadar simulasi komputer ditampilkan September 2020. M4 GT4 akhirnya diseriusi mulai awal 2021 dan pengetesan dilakukan musim panas. Oktober 2021

Struktur mobil sudah disesuaikan dengan standar mobil balap, berupa safety cage FIA-approved, dibuat di tempat yang juga mobil diproduksi di BMW Group Plant di Dingolfing, Jerman.

Dikabarkan bahwa mobil yang didesian tersebut bisa dikendarai oleh tim privateer BMW M Motorsport, tentunya isu utama adalah dalam hal kemudahan perawatan dan juga biaya operasional. Oleh karena itu, sumber tenaga mulai dari mesin, transmisi hingga kelistrikan diadopsi dari model produksi. Kemudian hal dasar lainnya termasuk multi-level traction control telah dioptimalkan sesuai dengan kebutuhan balap.



Sedangkan dalam hal pendinginan mesin menjadi tantangan di kelas GT4. Beberapa komponen seperti CFC atap dan konsep sayap belakang diambil dari M4 GT3. Penggunaan material berkelanjutan seperti serta alami menggantikan carbon dan komponen plastik.

Dalam hal pengembangan BMW M Motorsport bekerjasama dengan perusahaan Bcomp. Memperkuat project, rekanan pendukung adalah H&R, Ravenol, dan Recaro.

Baca juga: Terjual Sebelum Meluncur di GIIAS 2021, BMW M4 Competition x KITH Dijual Hampir Rp3 Miliar

Tahap awal pengembangan sudah didapati progres yang baik di M4 GT4, dilakukan oleh pembalap asal Jerman Jens Klingmann dan pembalap asal Swedia Erik Johansson. "Memerhatikan ergonomis duduk, mudah dioperasikan dan banyak fungsi lain yang tidak ada di mobil pendahulunya. Sejauh mana mudah dikendarai, BMW M4 GT4 sudah terasa aman dari awalnya, ujar Jens.

Kedua pembalap ini sepakat menyatakan bahwa banyak hal yang bisa dioptimalkan dari mobil M4 GT4 hingga batasan akhirnya. Setahun ke depan mobil akan terus dilakukan optimalisasi untuk tim privateer dan juga pembalap. Oh iya, pengetesan kedua akan dilangsungkan awal tahun 2022.