BMW Tarik 139 Ribu Unit Seri 3 Di China

BMW Tarik 139 Ribu Unit Seri 3 di China BMW seri 3 (ist)

KabarOto.com - Kabar kurang sedap kembali datang dari produsen mobil asal Jerman BMW. Pasalnya, BMW baru saja mengumumkan penarikan kembali (recall) terhadap 139.000 unit mobil Seri 3 di China mulai 9 November 2018.

Dikutip dari laman Auto NDTV, penarikan ini terpaksa dilakukan, karena telah ditemukan kesalahan fungsi pada sistem pendingin udara (AC). Badan Pengawas Produk di China mengatakan, recall tersebut melibatkan 89.309 BMW Seri 3 yang diproduksi di China antara Mei 2005 dan Juli 2011.

Selain itu, 50.143 unit mobil BMW tahun produksi Januari 2005 hingga Juli 2011 yang masuk melalui jalur impor juga akan ditarik kembali untuk diperbaiki.

Ilustrasi BMW seri 3 terbakar

BMW Brilliance Automotive sebagai perusahaan patungan yang berbasis di China Timur, bersama BMW China Automotive Trading menyatakan, akan memeriksa kendaraan yang terkena dampak, kemudian mengganti komponen yang rusak secara gratis.

Selama penelitian dilakukan, BMW menemukan komponen di dalam blower AC setelah digunakan dapat menyebabkan peningkatan resistensi. Hal tersebut dapat menyebabkan suhu meningkat drastis, sehingga berisiko mengalami kebakaran.

Baca juga: Canggih! Motor BMW Ini Dapat Melaju Sendiri

Penarikan ini bukan yang pertama kali terjadi. Bulan lalu, Kementerian transportasi Korsel melarang 20 ribu mobil BMW beredar di jalan raya. Hal itu terpaksa dilakukan, karena kekhawatiran dengan peristiwa terbakarnya 27 mobil BMW saat mesin dinyalakan.

Salah seorang pejabat di BMW Korea Selatan mengatakan, pihaknya telah mengidentifikasi penyebab terjadinya kebakaran pada mesin BMW. Menurutnya penyebab kebakaran karena ada kesalahan produksi dalam sistem resirkulasi gas buang.