POPULAR STORIES

Bosch Bagikan 6.000 Busi Gratis Kepada Pemilik Mobil Di Jabodetabek

Bosch Bagikan 6.000 Busi Gratis kepada Pemilik Mobil di Jabodetabek Pemasangan busi Bosch (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Banyak cara dilakukan perusahaan untuk berkontribusi terhadap kebersihan lingkungan. Salah satunya Bosch mengelar kampanye bertema Bosch Spark All the Way. Dalam program ini Bosch membagikan 6.000 busi gratis ke pemilik mobil.

Divisi Automotive Aftermarket Bosch yang menggagas kampanye ini, berupaya mendukung pemerintah dalam mengurangi pencemaran udara. Kegiatan ini dimulai pada 22 Januari 2022 sampai 6 bulan ke depan. Dalam kesempatan ini, Bosch juga mengedukasi masyarakat tentang merawat kendaraan secara berkala.

Baca juga: Bosch Bangun 3 Fasilitas Produksi Semikonduktor

Mendukung kampanye ini, Bosch melibatkan 100 bengkel yang tersebar di Jabodetabek serta wilayah Indonesia lainnya. Arditya Wicaktama selaku Channel Marketing Manager Bosch Automotive Aftermarket Indonesia mengatakan, ini merupakan kontribusi awal Bosch untuk mendukung program uji emisi kendaraan yang sedang digalakkan pemerintah.

"Kami harap, ktivitas ini bisa dilanjutkan, bahkan semakin diperluas sehingga berdampak semakin signifikan dalam mengurangi pencemaran udara,” terang Arditya.

Untuk bisa berpartisipasi dalam program ini, bisa mengunjungi media sosial Instagram @boschautomotiveid untuk mendaftarkan diri dan memilih lokasi bengkel terdekat.

Cara mendaftar Bosch Spark All the Way (Foto: Bosch)

Arditya menjelaskan, kualitas pembakaran dalam mesin kendaraan sangat memengaruhi kadar emisi gas buang. Proses pembakaran yang ideal berpengaruh pada kualitas gas buang kendaraan pada ambang yang masih bisa ditolerir.

Sementara, baik buruknya kualitas pembakaran dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu: 1) komponen pemercik api atau busi, 2) kondisi ruang bakar, dan 3) kualitas bahan bakar. Salah satu cara untuk menjaga proses pembakaran mesin agar tetap ideal adalah dengan melakukan perawatan kendaraan secara berkala.

Sebelum melakukan kampanye ini, divisi automotive aftermarket dari Bosch Indonesia telah melakukan pengujian emisi terhadap sejumlah mobil secara acak. Tes tersebut membandingkan performa mesin kendaraan yang sebelum dan sesudah pembersihan ruang bakar, serta penggunaan busi bawaan mobil versus busi Bosch.

Baca juga: Dijual Mulai Rp100 Ribuan, Wiper Bosch Ini Diklaim Awet Dan Berkualitas

Hasilnya, setelah proses pembersihan ruang bakar dan penggantian ke busi Bosch, terjadi penurunan kadar karbon monoksida (CO) dari 0.27% menjadi 0,05% serta berkurangnya kandungan hidrokarbon (HC) dari 165ppm menjadi 33ppm. Semakin kecil angka, semakin bagus pula kualitas pembakaran mesin kendaraan dengan standar ambang batas 1.5% untuk CO, dan 200ppm untuk HC).

Jabodetabek dipilih, sebagai lokasi kampanye, karena berdasarkan data BPS, lebih dari 3,3 juta mobil beredar di provinsi ini, terbanyak kedua setelah Jawa Barat (3,6 juta).

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mendapati, sekitar 75% pencemaran udara di Ibu Kota disumbangkan oleh transportasi darat. Selain itu, wilayah aglomerasi ini mencakup Kota Tangerang Selatan menurut IQAir diposisikan sebagai kota paling berpolusi di Indonesia pada 2020 lalu.