POPULAR STORIES

BPJT Kembangkan MLFF, Bagaimana Skema Tarif Kendaraan Ketika Di Tol?

BPJT Kembangkan MLFF, Bagaimana Skema Tarif Kendaraan Ketika di Tol? Ilustrasi kendaraan melintas jalan tol (Foto: Kabaroto.com)

KabarOto.com - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR terus menyempurnakan peralatan pendukung Gantry atau tiang sensor sistem pembayaran tol nontunai nirsentuh Multi Lane Free Flow (MLFF). Ada dua tiang sensor MLFF yang tengah dipasang, di Jalan Tol Jagorawi KM 18+370 arah Ciawi dan jalan tol JORR S KM33+635.

Mahbullah Nurdin, Anggota BPJT Kementerian PUPR menegaskan tetap ada tarif tol yang akan dikenakan kepada pengguna jalan. Untuk saat ini, ada ruas tol yang jauh-dekat itu tarifnya sama. Nah, nanti ke depan, dengan adanya MLFF, si pengguna jalan akan membayar sepanjang yang dia lakukan perjalanannya.

Baca juga: Ini Kelebihan Menggunakan MLFF Saat Bayar Tol

Untuk membahas tarif tersebut, saat ini BPJT tengah melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan pihak Korlantas Polri.

"Karena yang punya data kendaraan Korlantas, jadi kita harus melakukan kerja sama dalam rangka bagaimana cara mengidentifikasi kendaraan pemiliknya untuk kepentingan bersama,” ungkap Mahbullah.

Sistem Multi Lane Free Flow di jalan tol akan didukung dengan alat alat weight-in-motion (WIM) (Foto: autostradetech.it)

Nantinya, ia memastikan tidak akan ada lagi transaksi pembayaran di gerbang tol. Sehingga, tidak ada kendaraan yang terhenti.

"Disitu akan ada kamera yang dihubungkan dengan satelit, nantinya nomor kendaraan itulah yang akan di capture camera,” jelas Mahbullah.

Baca juga: Bayar Tol Tanpa Sentuh Akan Diterapkan Akhir Tahun 2022

Mahbullah berpesan kepada para pengguna jalan tol untuk mengutamakan keselamatan dalam berkendara di jalan tol dan patuhi rambu serta marka jalan.

“Tolong patuhi kecepatan sesuai aturan di jalan tol,” tutup Mahbullah.