POPULAR STORIES

BPJT Sempurnakan Tiang Sensor MLFF Di Tol Jagorawi Dan JORR S

BPJT Sempurnakan Tiang Sensor MLFF di Tol Jagorawi dan JORR S Gantry atau tiang sensor sistem pembayaran tol nontunai nirsentuh Multi Lane Free Flow (MLFF) (BPJT)

KabarOto.com - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR dan PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) akan melakukan penyempurnaan dan penyesuaian instrumen atau perlengkapan peralatan pendukung Gantry atau tiang sensor sistem pembayaran tol nontunai nirsentuh Multi Lane Free Flow (MLFF).

Penyempurnaan dilakukan setelah gantry melewati serangkaian uji coba dan telah terpasang di Jalan Tol Jagorawi KM 18+370 arah Ciawi. Gantry MLFF yang pertama terpasang di Jalan Tol Jagorawi ini sebagai sarana uji coba beragam instrumen seperti kamera, server dan lainnya.

Baca juga: Ini Kelebihan Menggunakan MLFF Saat Bayar Tol

“Setelah dilakukan pengamatan dan evaluasi perlu dilakukan penyempurnaan kembali untuk peralatan pendukungnya sebelum nantinya siap diuji cobakan kepada pengguna Jalan Tol secara langsung.” Kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit dalam keterangan tertulisnya, Rabu (30/11).

Penyempurnaan juga dilakukan melalui proses evaluasi oleh para tim ahli, tim BPJT, konsultan independen, dan PT RITS sebagai badan usaha pelaksana sistem transaksi tol nontunai nirsentuh atau MLFF.

Setelah dilakukan penyempurnaan gantry uji coba MLFF di jalan tol Jagorawi, gantry uji coba kedua yang juga telah terpasang di jalan tol JORR S KM33+635 juga akan dilakukan penyempurnaan.

Sistem Multi Lane Free Flow di jalan tol akan didukung dengan alat alat weight-in-motion (WIM) (Foto: autostradetech.it)

Pekerjaan penyesuaian pertama akan dilakukan di jalan tol Jagorawi yaitu pada tanggal 29 November 2022 dan 1 Desember 2022, masing-masing dilaksanakan sekitar pukul 23.00–04.00 WIB. Untuk memastikan pekerjaan berjalan aman dan lancar, RITS telah melakukan koordinasi dengan Jasamarga Metropolitan Tollroad sebagai operator jalan tol Jagorawi.

Kegiatan penyempurnaan instrumen pendukung gantry ini tidak akan menganggu jadwal operasional pelaksanaan MLFF. Semua tetap sesuai target pelaksanaan yakni pada tahun 2023 sistem tol MLFF akan mulai uji coba di beberapa ruas tol.

"Kemudian setelah kedua tiang gantry tersebut disempurnakan, akan jadi benchmark (pembanding) untuk pembuatan gantry-gantry lainnya,” ujarnya.

Beberapa instrumen yang akan dipasang pada gantry antara lain kamera dengan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligent (AI) yang berbasis perangkat lunak, Central Processing Unit (CPU) dan sebagainya. Untuk dapat melakukan penyesuaian tersebut maka akan dilakukan proses pemasangan ulang gantry.

Baca juga: Bayar Tol Tanpa Sentuh Akan Diterapkan Akhir Tahun 2022

Beberapa persiapan yang akan dilakukan antara lain pemasangan rambu-rambu pengamanan pekerjaan sesuai standar, rambu pengaturan lalu lintas, dan lampu selang serta penyiagaan petugas keamanan di lokasi pekerjaan.

Pengguna jalan diharapkan agar dapat memperhatikan jadwal pekerjaan tersebut, mengecek kondisi lalu lintas sebelum melakukan perjalanan serta mengatur waktu perjalanannya untuk menghindari kemungkinan terjadinya kepadatan arus lalu jalan di titik lokasi rencana pekerjaan.