Brembo Sensify Pengereman Canggih Mampu Beradaptasi Sendiri

Brembo Sensify Pengereman Canggih Mampu Beradaptasi Sendiri

KabarOto.com - Brembo telah meluncurkan sistem pengereman cerdas baru yang diberi nama Sensify, rem ini menggabungkan perangkat lunak canggih memanfaatkan kecerdasan buatan dengan komponen rem.

Nama Sensify merupakan gabungan dari "Sense", yaitu kemampuan manusia untuk merasakan sinyal dan rangsangan dari luar, dan "Simplify", yang berarti menyelaraskan sebuah produk dan kendaraan.

Sistem Sensify memungkinkan kontrol independen dari tekanan pengereman yang diterapkan setiap roda, dengan aktuator hidraulik pada setiap roda diaktifkan oleh unit kontrol elektronik (ECU) dan terus-menerus memantau parameter utama seperti gesekan permukaan jalan, bobot kendaraan, distribusi berat, kecepatan kendaraan dan sudut kemudi.

Baca juga: Tanda-tanda Kampas Rem Mobil Harus Segera Diganti

Sensify mengungkapkan bahwa ketika ECU menerima sinyal input, alat tersebut menghitung gaya yang dibutuhkan oleh setiap roda dalam milidetik sebelum mengirim perintah ke setiap kaliper. Hal tersebut mengaktifkan gaya pengereman yang diperlukan.

Tugas dari kecerdasan buatan ini sendiri ialah bertindak mencegah penguncian rem, dan sistem kontrol anti-selip dan traksi dapat digabungkan untuk menyediakan bantuan pengemudi yang terintegrasi penuh.

Karena aktivasi kaliper dilakukan melalui ECU, sistem Sensify dapat disesuaikan yang dilakukan melalui aplikasi khusus, memungkinkan pengguna untuk mengubah gerakan pedal, dan gaya pengereman. Dari proses tersebut, sistem Sensify mengumpulkan dan memproses data untuk lebih meningkatkan sistem pengereman.

Baca juga: Menjelang MotoGP Amerika 2021, Brembo Pakai Spesifikasi Khusus

Kelebihan lain yang ditawarkan Sensify selain meningkatkan kontrol pengereman dan kemampuan beradaptasi, Brembo mengatakan Sensify lebih ringan dan berukuran kompak daripada sistem pengereman tradisional. Brembo juga mengklaim pengereman lebih konsisten, karena pengereman dioptimalkan di setiap roda sehingga beban rem tidak terlalu berat, serta ujung-ujungnya mengurangi emisi.

Bukan itu saja, karena kemampuan sistem untuk beradaptasi dengan berat kendaraan membuatnya cocok untuk kendaraan komersial yang memiliki muatan kargo bervariasi. Sepeda motor, yang lebih rentan terhadap perubahan berat dan permukaan jalan, juga dapat memanfaatkan sistem ini. Sehingga Sensify ini bisa diaplikasikan di semua jenis kendaraan bahkan Hypercar sekalipun.