POPULAR STORIES

Bridgestone Akan Membuat Ban Dengan Bahan Daur Ulang

Bridgestone akan Membuat Ban dengan Bahan Daur Ulang Foto : Bridgestone

KabarOto.com – Perusahaan ban mobil asal Jepang, Bridgestone baru-baru ini mengungkapkan akan menggunakan bahan daur ulang untuk produk-produknya di masa depan.

Bridgestone kini mengambil langkah menuju masa depan berkelanjutan untuk ban. Pihak pabrikan ban itu baru-baru ini mengumumkan sedang menguji ban mobil penumpang yang terbuat dari berbagai bahan daur ulang.

Baca juga: Bridgestone Indonesia Serukan Pentingnya Keselamatan Berkendara Jelang Mudik 2023

“Seiring kemajuan kami dalam transformasi, kami menjadi perusahaan yang menghadirkan solusi berkelanjutan. Kami membuat kemajuan luar basa dalam penggunaan bahan daur ulang dan terbarukan. Produsi dan penyebaran teknologi ban dengan bahan daur ulang yaitu 75%. Produk-produk dengan bahan daur ulang ini akan hadir pada tahun 2050 mendatang,” ungkap Paolo Ferrari selaku Presiden & CEO Bridgestone America.

Bahan daur ulang tersebut termasuk karet, baja, botol plastic, dan berbagai karbon hitam. Adapun bahan daur ulang itu dikombinasikan dengan karet alam yang dipanen dari semak gurun guayule untuk membuat karet sintetis.

Baca juga: Michelin Pilot Sport S 5 Ban Performa Untuk Jalan Dan Trek

Salah satu fasilitas pertanian Bridgestone di Arizona, Amerika Serikat

Tidak lupa penggunaan minyak nabati dan silika berbasis bio dari abu sekam padi yang menjadi bahan bakar dalam proses pembuatan ban tersebut. Pihak pabrikan ini mengembangkan materi tersebut di salah satu fasilitas pertanian di Arizona, Amerika Serikat.

Saat ini, pihak Bridgestone memiliki 200 set ban berbahan daur ulang yang siap digunakan. Menurut mereka, 37% dari barang daur ulang dan 38% dari energi terbarukan dengan total 75%. Bridgestone berupaya untuk meningkatkan menjadi 90%. Hingga tahun 2050 mendatang, mereka memiliki target untuk menciptakan 100 persen ban daur ulang.