POPULAR STORIES

Buat Yang Paham, Aston Martin DBR2 Ini Cocok Untuk Kolektor

Buat yang Paham, Aston Martin DBR2 Ini Cocok untuk Kolektor

KabarOto.com - Fantasy Junction di California, Amerika Serikat menawarkan sebuah mobil yang ikonik. Mobil yang dimaksud adalah Aston Martin DBR2 dengan banderol USD 379.500 (Rp 5 miliar).

Aston Martin ini pernah dibangun ulang oleh Bob Egginton dari Team Surtees Formula 1 pada 1970 sampai 1978. Ia menghabiskan waktu 3 tahun untuk membangunnya bahkan mendapat dokumentasi FIA dan diizinkan untuk berkompetisi pada Goodwood Revival 2003, dan replika ini juga legal untuk digunakan di jalan raya.

Ia bilang, bagian panel bodi, door trim, ventilasi dan perintilan lain dibuat ciamik. Hal lain yang paling mencolok adalah cat Metallic Sage khas Aston Martin pada eksteriornya serta penggunaan pelek kawat berukuran 16 inci dengan ban Dunlop.

Baca Juga: Aston Martin Formula One Team Akan Sibak Bentuknya Bulan Depan

Aston Martin DBR2 dibekali mesin 6 silinder berkapasitas 4.000 cc dengan tiga karburator Weber yang di tuning agar mengeluarkan suara khas. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan keluaran Tremec.

Pada interiornya, setir berbingkai kayu yang berada di depan jok model balap berwarna hijau tua. Material kulit yang digunakan pada jok adalah orisinil serupa dengan DBR2 asli. Pada 1957, DBR2 melesat di ajang 24 Hours of Le Mans, yang sayangnya pada lap 81 terjadi kerusakan pada sistem transmisinya.

DBR2 juga sempat turun balap di Circuit de Spa-Francorchamps, Belgia di tahun yang sama, namun nahas terjadi kecelakaan dan harus mundur dari balapan. Silverstone menjadi sirkuit dengan kecepatan terbaiknya 158 kpj. Saat itu DBR2 ditunggangi oleh Roy Salvadori berhasil finis di posisi pertama.