POPULAR STORIES

Bukan Di Indonesia, Ini Alasan Mitsubishi Produksi Mobil Hybrid Di Thailand

Bukan di Indonesia, Ini Alasan Mitsubishi Produksi Mobil Hybrid di Thailand Mitsubishi XForce kabarnya akan ada versi hybrid dan diproduksi di Thailand (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - Mitsubishi Xpander Hybrid dipastikan akan diproduksi di Thailand. Bahkan, XForce Hybrid juga direncanakan akan dibuat di Negeri Gajah Putih.

Tetsuhiro Tsuchida, Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menjelaskan bahwa prinsipal punya alasan khusus mengapa memilih Thailand, dibandingkan Indonesia untuk memproduksi mobil hybrid.

"Subsidi kendaraan hibridia di Thailand jauh lebih murah dibandingkan di Indonesia. Jadi, harga jualnya lebih murah dan menarik banyak konsumen," jelas Tetsuhiro.

Baca Juga: MMKSI Targetkan Mitsubishi XForce Terjual 10.000 Unit Hingga Akhir 2023

Menurutnya harga mobil hybrid di Thailand memang lebih murah dibandingkan dengan mobil bensin, karena ada subsidi. Terdengar sedikit aneh, tapi kenyataannya memang seperti itu.

Teaser Mitsubishi Xpander Hybrid

Sementara itu, Presiden Direktur MMKSI, Atsushi Kurita juga menyampaikan alasan kenapa kendaraan hybrid Mitsubishi dikembangkan di Thailand, bukan di Indonesia.

"Di Thailand ada kebijakan pajak kendaraan yang menguntungkan, jadi harga mobil hybrid lebih murah dibandingkan mobil konvensional," ungkap Kurita.

Baca Juga: Kandungan Lokal Mitsubishi XForce Diklaim Mencapai 80 Persen

Sebagai informasi, menurut NationThailand subsidi mobil hybrid di Thailand berupa pengurangan pajak hingga 14 persen. Subsidi tersebut kabarnya akan diperpanjang hingga 2025.

Sementara itu, di Indonesia saat ini PKB dan BBNKB mobil hybrid sama seperti mobil bermesin pembakaran internal, yakni 12,5 persen dan 1,75 persen, sehingga totalnya mencapai 14,25 persen. Sedangkan tarif PPnBM-nya 6 persen, sesuai PP 74 tahun 2021.