POPULAR STORIES

Cal Crutchlow Menjadi Rider Wild Card Di MotoGP 2023

Cal Crutchlow Menjadi Rider Wild Card di MotoGP 2023 Cal Crutchlow (foto : MotoGP)

KabarOto.com – Pabrikan tim MotoGP asal Jepang, Yamaha baru-baru ini mendaftarkan Cal Crutchlow sebagai rider wild card untuk musim 2023.

Setelah tim satelit RNF pergi, Yamaha tahu penting untuk memanfaatkan hal untuk memasukkan wild card untuk musim depan. Setiap musim, terdapat tiga jatah untuk setiap pabrikan dan tidak boleh berurutan. Hak ini memberikan pabrikan peluang untuk menguji perkembangan tertentu seperti aerodinamika, mesin, dan paket elektronik.

Baca juga: Lin Jarvis Akan Menepati Janji Fabio Quartararo Untuk MotoGP 2023

Cal Crutchlow berhasil menjadi jembatan untuk pengembangan dan balapan

Berbeda dari para rivalnya, Yamaha belum pernah menggunakan jatah wild card sejak 2018. Kala itu, mereka mengandalkan Katsuyuki Nakasuga (test rider) untuk turun di GP Jepang 2018. Lalu, pada 2020 Jorge Lorenzo direkrut sebagai tes rider. Namun, karena pandemi Covid-19 melanda membuat Juara Dunia MotoGP tiga kali itu tidak melakukan tugasnya dan segera mencari penggantinya.

Baca juga: Sirkuit KymiRing Bangkrut, MotoGP Finlandia Gagal Masuk Kalender

Saat Cal Crutchlow mengisi kursi kosong RNF yang ditinggalkan oleh Andrea Dovizioso pada musim 2022 ini. Pembalap asal Inggris itu berhasil memaksimalkan antara program uji coba dan enam balapan yang diikutinya. Ia menciptakan jembatan yang jelas antara pengembangan yang dilakukan oleh tim uji coba dan menjalani balapan di akhir pekan. Jadi, mulai musim 2023 Cal Crutchlow menjadi pembalap wild card sekaligus menjadi tes rider pabrikan berlogo garpu tala itu.

“Ketika Cal kembali untuk menggantikan Dovi. Dirinya sangat membantu kami karena kami dapat mendistribusikan beberapa pekerjaan dengan sangat baik. Dia adalah pekerja keras dengan pengalamannya yang terlihat jelas. Tahun depan, kami tidak memiliki tim satelit, akan sangat penting untuk memiliki rider wild card,” ungkap Massimo Meregalli selaku Manajer Tim Pabrikan Yamaha.