POPULAR STORIES

Cara Daya Adicipta Motora Dan Polres Jawa Barat Tingkatkan Angka Keselamatan Berkendara

Cara Daya Adicipta Motora dan Polres Jawa Barat Tingkatkan Angka Keselamatan Berkendara Cara Daya Adicipta Motora dan Polres Jawa Barat Tingkatkan Angka Keselamatan Berkendara (DAM)

KabarOto.com - Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-77, Polres Kota Cimahi menggelar kegiatan lomba Safety Riding yang berkolaborasi dengan PT Daya Adicipta Motora (DAM).

Pelaksanaan kompetisi Safety Riding ini, diselenggarakan di Safety Riding Center Honda Jawa Barat yang berlokasi di Jl Raya Cibeureum No. 45A Kota Cimahi, pada hari Kamis (22/06) dengan tema "Kompetisi Safety Riding Kapolres Cimahi 2023".

Kapolres Cimahi AKBP, Aldi Subartono mengatakan, Safety Riding ini sebagai upaya revolusi mental dalam menciptakan generasi muda yang disiplin, berbudaya tertib, tegas dan bertanggung jawab.

Para peserta safety riding diharapkan bisa menjadi 'Agent of Change' sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas dan memberikan motivasi kepada kita semua dalam membudayakan keselamatan sebagai suatu kebutuhan.

Baca Juga: Honda Shine 125, Harga Rp14 Jutaan Bergaransi 10 Tahun

“Kolaborasi antara Polres Kota Cimahi bersama DAM telah memperkuat upaya kami dalam meningkatkan kesadaran akan keselamatan di jalan raya,” ujar Aldi.

Kompetisi ini diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari perwakilan siswa-siswi SMA dan SMK yang ada di wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat. Sebelum berkompetisi seluruh peserta juga diharuskan mengikuti rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir acara.

Kompetisi ini dilaksanakan dengan mengukur beberapa hal yaitu Pengetahuan Berkendara dan Teknik Dasar Berkendara. Adapun beberapa poin yang dinilai mulai dari sesi teori, praktik teknik menikung, keseimbangan, hingga pengereman. Di sesi teori diambil 40 orang peserta untuk masuk ke tahap penilaian praktik skill berkendara.

Baca Juga: 3 Instruktur Safety Riding Honda Jawa Barat Boyong Podium Kompetisi

Pada sesi penilaian praktik ada tiga sesi penilaian, diantaranya Praktik menikung (Slalom Course), keseimbangan (Narrow Plank), dan pengereman (Braking).

Kesalahan yang dilakukan oleh peserta di setiap sesi penilaian praktik berkendara akan mengurangi poin yang mereka dapatkan. Kompetisi Safety Riding Kapolres Cimahi 2023 akan menghasilkan tiga juara terbaik dan mendapatkan apresiasi dari Polres Kota Cimahi.

"Safety Riding Center Honda ini merupakan bentuk tanggung jawab moral kami yang didedikasikan untuk seluruh masyarakat Jawa Barat dalam rangka ikut berkontribusi menekan angka kecelakaan di jalan raya," ujar Demmy Firmansyah.