POPULAR STORIES

Cara Korlantas Turunkan Fatalitas Korban Kecelakaan Lalu Lintas

Cara Korlantas Turunkan Fatalitas Korban Kecelakaan Lalu Lintas Ilustrasi kecelakaan lalu lintas (Foto: Antara)

KabarOto.com - Korlantas Polri menggelar pelatihan pengoperasian kendaraan Road Accident Rescue (RAR) mengantisipasi fatalitas pada korban kecelakaan lalu lintas dalam gelaran Operasi Lilin 2022 terkait pengamanan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Dalam kegiatan ini, diharapkan seluruh personel yang terlibat dalam operasi lilin dapat meningkatkan keterampilan dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas pengamanan Nataru.

Baca Juga: Tips Aman Kendarai Motor Di Jalan Menanjak Dan Menurun

Asops Kapolri, Irjen Agung Setya Imam Effendi menegaskan, Operasi Lilin 2022 mengutamakan keselamatan pergerakan kendaraan dan orang dari satu tempat ke tempat lain. Ia pun yakin dengan peralatan terbaru dari Korlantas Polri yang saat ini dilatih kepada 40 personel lalu lintas sebagai operator dapat memberikan bantuan penting saat Operasi Lilin 2022.

Para personel itu dilatih bagaimana cara penyelamatan korban pada kecelakaan, untuk bisa membuka mobil terjepit, ringsek dan sebagainya.

"Teknik memotong, membuka dan sebagainya dengan alat RAR yang kita miliki bisa memotong, menjungkit dan mendongkrak, sehingga kita bisa melakukan pertolongan pada korban yang masih selamat di dalam," ujar Irjen Agung Setya.

Ilustrasi Kecelakaan beruntun di jalan tol (Foto: Jasa Marga)

Ia menekankan bahwa faktor kecepatan pertolongan menjadi penentu dalam kasus-kasus kecelakaan.

Sehingga, diharapkan para anggotanya bisa memanfaatkan 'golden time' di semua hal, terkait penyelamatan, penanganan dan respons pada waktu-waktu yang tepat secepat mungkin.

Baca juga: Minimalkan Kecelakaan Di Tol Cipularang, Polda Jabar Akan Lakukan Ini

"SDM menjadi sangat penting, petugas-petugas ini adalah perangkat utama, kemudian teknologi dan peralatan adalah alat pendukung, namun kita juga menyiapkan sistem yang baik dalam pelaksanaan Operasi Lilin,” pungkas Agung.