POPULAR STORIES

Cara Mengetahui Refrigerant AC Mobil Bermasalah

Cara Mengetahui Refrigerant AC Mobil Bermasalah

KabarOto.com - Pendingin kabin atau yang biasa dikenal dengan AC merupakan salah satu bagian dari kendaraan yang keberadaannya cukup penting, untuk membuat penumpang di dalam menjadi nyaman selama perjalanan.

Biasanya pemilik mobil selalu melakukan servis AC menjelang lebaran, karena mereka akan menggunakan mobl untuk mudik atau bersilaturahmi ke rumah keluarganya di berbagai daerah.

Baca Juga: Bersihin Kabin Mobil Pakai Vacum Cleaner Yuk Saat #dirumahaja

Namun karena aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) maka perjalanan jauh pun dilarang, tujuannya untuk memutus penyebaran virus C orona atau Covid-19 yang semakin hari korbannya bertambah.

Namun meski mobil tidak digunakan, ternyata AC juga perlu dilakukan pengecekkan, untuk membuat sirkulasi udara di dalam kabin tetap terjaga higienitasnya dan terhindar dari bakteri serta virus. Komponen penting AC mobil yaitu refrigerant atau orang lebih mengenal dengan sebutan freon, berfungsi sebagai cairan pendingin perlu dilakukan pemeriksaan.



Jika refrigerant AC mobil Anda habis, selain tidak dingin habisnya freon yang dibiarkan terlalu lama akan berdampak pada kerusakan sistem AC mobil yang lebih parah. Jika freon ini sudah rusak, maka Anda pastinya akan mengeluarkan kocek yang lebih banyak.

Nah, saat ini waktu yang tepat untuk mengecek refrigerant , untuk mengetahui freon bermasalah atau tidak, caranya sangat mudah, di antaranya AC tidak terasa dingin dan hanya mengeluarkan angin biasa.

Kemudian ciri lainnya adalah kipas AC tidak berputar meski sudah dinyalakan, putaran mesin (rpm) tidak mengalami perubahan naik atau turun saat AC dinyalakan. Selanjutnya hentakan kompresor tidak bekerja karena magnetic clutch terputus oleh switch pressure.

Kang Endang, dari Rio AC yang berada di pusat onderdil Pondok Cabe, Tangerang Selatan memberi sedikit cara lainnya untuk memastikan refrigerant atau freon yang sudah habis atau bermasalah. Cek secara manual dengan melihat kondisi freon melalui kaca pada filter AC saat mesin menyala. Freon yang terlihat berbusa menjadi penanda bahwa freon AC habis, namun jika terlihat bening freon AC mobil masih ada.

"Pengecekan bisa juga melalui lubang pengisian refrigerant , yang bentuknya mirip seperti pentil ban," terangnya. Buka penutupnya, kemudian tekan atau tusuk menggunakan alat bantu seperti paku. Apabila keluar semburan gas, itu tandanya freon masih ada.

Baca Juga: Ternyata Ini Fungsi Titik-titik Hitam Pada Kaca Mobil

Untuk diketahui, jika tidak mengalami kebocoran, refrigerant pada AC mobil tidak akan berkurang apalagi habis. Namun jika berkurang berarti ada kebocoran, tandanya Anda harus segera membawa ke bengkel resmi atau bengkel AC