POPULAR STORIES

Cara Mudah Membuat Mobil Kinclong Sebelum Mudik Ala 3M

Cara Mudah Membuat Mobil Kinclong Sebelum Mudik Ala 3M Ilustrasi mencuci mobil (Hyundai)

Kabaroto.com - Selain persiapan fisik, kendaraan juga salah satu hal yang wajib dipersiapkan dalam mendukung kenyamanan, selama menjalankan kegiatan mudik pada saat liburan lebaran di tahun 2019 ini.

Bila sobat kabarOto berniat untuk mudik dengan mobil pribadi, pastikan untuk melakukan pemeriksaan mobil ke bengkel langganan Anda, dan yang tak kalah penting lakukan perawatan untuk interior dan eksterior mobil Anda, agar dapat membuat nyaman meskipun telah melakukan perjalanan jauh dan tetap tampil maksimal.

Baca juga: Biar Mobil Kinclong Saat Mudik, Intip Nih Harga Perbaikan Bodi Di Bengkel Auto2000

Ashutosh Shirodkar, Director of Safety and Industrial Business Group, 3M Indonesia mengatakan, "Menjelang hari raya, masih banyak masyarakat yang memilih melakukan perjalanan mudik dengan mobil pribadi. Selain kondisi mobil yang prima, tentu diperlukan perawatan mobil yang tepat pada bagian interior dan eksterior mobil".

Produsen produk perawatan mobil, 3M, memberikan tips bagaimana merawat mobil yang bisa dilakukan di rumah. Berikut beberapa tips perawatan mobil yang perlu diperhatikan:

Kenyamanan dalam berkendara (Interior)

- Merawat interior mobil tidak harus dilakukan di salon mobil, tapi dapat pula dilakukan sendiri di rumah. Cara membersihkan interior mobil diawali dengan membersihkan dasbor, lalu mengangkat semua jok di mobil, dilanjutkan dengan membersihkan karpet dan melakukan vakum pada bagian lantai mobil.

Membersihkan interior

- Dalam membersihkan interior, sebaiknya gunakan konsentrat pembersih mobil yang tepat. Gunakan konsentrat pembersih mobil serba guna yang dapat diaplikasikan untuk membersihkan bagian interior kendaraan. Pilihlah formula yang tidak mengandung asam, sehingga tidak korosif dan aman untuk berbagai permukaan.

Tampilan kinclong (Eksterior)

- Apabila interior sudah bersih, maka eksterior perlu diperhatikan. Bagian umum yang perlu menjadi perhatian khusus adalah kaca mobil, karena jamur bisa mengurangi pandangan pengemudi.

- Coba gunakan shampo cuci mobil dengan formula khusus berbahan dasar air atau waterbased yang ramah lingkungan, sehingga dapat menyingkirkan kotoran serta debu tanpa merusak lapisan cat kendaraan dan tidak menimbulkan bekas noda.

Baca juga: Ini Cara Mudah Dan Aman Lepas Sticker Di Bodi Mobil

- Lalu Keringkan bodi mobil dengan menggunakan lap chamois dengan kombinasi khusus PVA dan polyester, yang memiliki daya serap tinggi untuk mengeringkan dan membersihkan noda tanpa meninggalkan residu.

"Dengan perawatan yang baik, mobil akan siap menghadapi segala resiko dari pergantian cuaca hingga membantu untuk mencegah timbulnya jamur yang dapat mengganggu penglihatan ketika berkendara," pungkas Ashutosh.