POPULAR STORIES

Cara Periksa Kondisi Ban Motor, Masih Layak Atau Tidak

Cara Periksa Kondisi Ban Motor, Masih Layak Atau Tidak Cek kondisi ban motor masih layak atau tidak

KabarOto.com - Ban merupakan salah satu komponen pada bagian sepeda motor yang berperan sangat penting, karena dapat mempengaruhi keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara. Fungsi lainnya untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakaturan permukaan jalan dan melindungi pelek dari kerusakan.

Ban sepeda motor terbagi ke dalam dua jenis, Tube tire dan Tubeless. Tube tire adalah ban yang masih menggunakan ban dalam. Ban jenis ini bisa digunakan di berbagai model pelek Cast Wheel (CW) atau Spoke Wheel (CW). Sementara ban Tubeless dirancang tanpa menggunakan ban dalam.

Baca juga: Produsen Ban Tak Lagi Produksi Karet Bundar Untuk Satu Musim

Banyak pengguna motor yang tidak memperhatikan kondisi ban. Yang terpenting motor bisa jalan untuk beraktivitas. Sub Dept Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman memberikan informasi tanda-tanda ban sepeda motor harus segera diganti:

1. Cek Tanda Batas Keausan
Setiap ban sepeda motor diberi indikasi Tread Wear Indicator (TWI), atau tanda batas keausan ban yang diizinkan untuk tetap dipakai. Jika kembang ban sudah menyentuh tanda segitiga TWI, disarankan untuk segera diganti. “Ini akan mempengaruhi kenyamanan dan keselamatan berkendara, untuk menghindaripotensi kecelakaan," terang Sde, belum lama ini.

Setiap ban sepeda motor diberi indikasi Tread Wear Indicator (TWI)

2. Jarak Batas Pemakaian
Ban sepeda motor terbuat dari bahan karet yang elastis, jika sudah mencapai batas pemakaian 12.000 km, disarankan segera mengganti dengan yang baru. Namun angka tersebut bukan angka yang pasti, karena usia ban akan dipengaruhi dengan kondisi medan jalan yang dilalui, berat muatan hingga cara pemakaian sehari-hari.

Jika Anda merasa sudah tidak nyaman saat berkendara dijalan, itu bisa menjadi indikator, kualitas ban sudah menurun.Segera membawa ke bengkel untuk diperiksa.

Baca juga: Mizzle Segera Perkenalkan Ban Ring 14 Inci Untuk Matik

3. Perhatikan Usia Pakai Ban Motor
Usia ban motor yang direkomendasikan maksimal 2 tahun. Lebih dari itu, disarankan untuk segera diganti walaupun tingkat keausan ban belum mencapai batas waktu untuk diganti.

Menurut Ade, ban motor yang sudah melebih batas usia pakai, akan mengalami beberapa kendala seperti daya cengkram yang kurang maksimal, sampai menimbulkan keretakan pada beberapa permukaan ban.

4. Sering Bocor
Jika ban sudah mengalami kebocoran selama lebih dari tiga kali. akibat terkena benda tajam seperti paku, pecahan kaca atau yang lainnya sebaiknya disarankan untuk segera diganti.