POPULAR STORIES

Catat! Ini Rute Bus Gratis Bagi Penonton MotoGP Menuju Sirkuit Mandalika

Catat! Ini Rute Bus Gratis Bagi Penonton MotoGP Menuju Sirkuit Mandalika Sirkuit Mandalika (Foto: istimewa)

Kabaroto.com - Indonesia akhirnya kembali menggelar MotoGP setelah absen cukup lama. Terakhir kali MotoGP diselenggarakan yakni di Sirkuit Sentul pada tahun 1997.

Kini, MotoGP kembali lagi ke Indonesia. Namun, bukan di Sentul, melainkan di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, NTB. Balap motor kelas wahid ini bakal digelar 18 hingga 20 Maret. Antusiasme masyarakat untuk menonton langsung diprediksi tinggi.

Dinas Perhubungan Nusa Tenggara Barat membagikan rute dan waktu keberangkatan bus gratis untuk para penonton MotoGP menuju Sirkuit Mandalika. Shuttle Bus ini bergerak dari masing masing simpul transportasi dengan jam operasional yang telah ditetapkan.

Baca juga: Penggemar Marquez Dan Vinales Pesan Tribun Khusus Di MotoGP Mandalika

"Dan perlu diperhatikan persyaratan bagi masyarakat yang akan menggunakan shuttle bus tersebut," kata Kepala Dinas Perhubungan NTB, Lalu Moh Faozal dikutip Antara, Selasa (14/3).

Dishub NTB telah merilis sejumlah rute bus gratis ke Sirkuit Mandalika dan waktu penjemputan serta pengantarannya. Di antaranya rute Bangsal ke Mandalika pukul 06.30-12.00 WITA dan Mandalika ke Bangsal 16.00-22.00 WITA.

Selanjutnya Eks Bandara Selaparang ke Mandalika 6.30-12.00 WITA dan Mandalika ke eks Bandara Selaparang 16.00-22.00 WITA.

Lembar Pelabuhan Gili Mas ke Mandalika 16.00-22 WITA dan Mandalika ke Lembar Gili Mas Mas 16.00-22.00 WITA.

Rute dan waktu keberangkatan bus gratis untuk para penonton MotoGP menuju Sirkuit Mandalika (Ist)

Kayangan ke Mandalika 06.30-12.00 WITA dan Mandalika ke Kayangan 16.00-22.00 WITA.

Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) ke Mandalika 06.30-12.00 WITA dan Mandalika ke BIZAM 16.00-22.00 WITA.

"Khusus tanggal 20 Maret, jadwal bus gratis diperpanjang sampai dengan pukul 23.00 WITA," ujarnya.

Adapun persyaratan untuk dapat menggunakan fasilitasi bus gratis ini di antaranya, memiliki tiket MotoGP, hasil negatif tes antigen bagi yang belum divaksin dua kali dengan biaya Rp80.000 serta harus menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Tempat penyekatan MotoGP sendiri berada pada 3 titik, di antaranya Bundaran Bizam, Bundaran Songgong, Bundaran Mong.

Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Jenderal Perhubungan Darat menyiapkan 188 bus dengan ukuran medium. Di antaranya 81 unit bus dari Kemenhub dan tambahan 4 unit bus VIP yang akan digunakan sesuai kebutuhan. Lalu, 103 unit bus dari ITDC Mandalika.

Baca juga: Penjualan Tiket MotoGP Mandalika Di Website Ini Laris Manis

Penyediaan bus gratis tersebut untuk antisipasi bila ada lonjakan penonton yang diprediksi atau ditargetkan mencapai 63 ribu orang. Sebanyak 278 bus disediakan untuk melayani rute ke pusat kota dan simpul transportasi di luar kawasan sirkuit.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi optimis dengan fasilitas layanan transportasi darat gratis di semua pintu masuk di NTB akan memudahkan para penonton dari luar kota/provinsi maupun luar negeri sampai ke lokasi arena balap MotoGP.

Selain bus gratis dari Bandara dan Pelabuhan di Lombok, angkutan ini juga mengantarkan penonton MotoGP Mandalika pada 7 rute dari parkir barat dan parkir timur menuju gate 1, gate 2, dan gate 3 Sirkuit Mandalika.