POPULAR STORIES

Cek Kondisi Mobil Berkala Secara Mandiri Ala Mitsubishi

Cek Kondisi Mobil Berkala Secara Mandiri ala Mitsubishi

KabarOto.com - Selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masyarakat banyak menghabiskan waktu di rumah. Akibatnya, banyak kendaraan yang berdiam di garasi. Banyak orang yang memilih untuk merawat kendaraannya sendiri di rumah.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memberikan tips untuk Sobat KabarOto yang ingin melakukan pengecekan ringan di rumah. Lakukan langkah-langkah ini setidaknya 5 hari sekali.

1. Cek kondisi pelumas dan cairan lainnya
Cara paling mudah untuk mengecek kondisi pelumas dan cairan lainnya, misalnya pelumas mesin bisa dipantau lewat dipstick atau melihat tabung cadangan air radiator, air wiper dan kondisi ketinggian minyak rem. Lakukan hal ini di area yang datar.

Baca Juga: Bahaya Tikus Saat Mobil Lama Terparkir

2. Cek kondisi kabel di ruang mesin dari gigitan tikus
Mobil yang jarang dipakai harus tetap dilakukan pengecekan, jika dibiarkan akan berpotensi dihuni tikus. Caranya mudah, saat buka kap ruang mesin yang dihuni tikus akan menimbulkan beraroma urine dan kotoran tikus.

3. Cek kondisi kolong mesin
Lakukan ini apabila setelah melakukan poin pertama terjadi pengurangan pelumas dan kondisi lain. Sobat KabarOto hanya perlu melihat bagian kolong mobil untuk mengetahui apakah ada kebocoran atau area yang basah. Bersihkan area yang basah, apabila tetap basah maka benar terjadi kebocoran.

4.Tambahkan air aki
Bagi Sobat KabarOto yang masih menggunakan aki basah, sebaiknya melakukan pengecekan kondisi air aki. Jika ternyata kurang, bisa ditambahkan. Lihat juga bagian terminal aki, apabila ada putih-putih tandanya terjadi pengapuran dan harus segera dibersihkan.

5. Periksa tekanan angin ban
Jika parkir terlalu lama, akan ada potensi tekanan angin ban berkurang serta bentuk ban berubah. MMKSI menyarankan untuk menggunakan portable electric compressor untuk mengisi angin sendiri. Benda ini sudah dijual di e-commerce.

Baca Juga: Aki Mobil Lebih Baik Dicas Atau Dipakai Jalan?

6. Periksa panel indikator dalam kabin
Pemeriksaan bisa dilanjutkan dengan melihat indikator di dalam kabin. Saat Sobat KabarOto menyalakan mesin, jika ada masalah panel indikator di instrument cluster akan menyala. Nah, dengarkan juga suara mesin apakah ada suara aneh atau tak biasa.

7. Cek kondisi asap knalpot
Saat mesin menyala, coba cek bagian asap knalpot. Apabila terjadi masalah pada mesin maka akan timbul asap putih pekat.

Semoga tips ini bermanfaat yah.