POPULAR STORIES

Cek Kondisi Mobil Sebelum Berangkat Liburan

Cek Kondisi Mobil Sebelum Berangkat Liburan Pastinya sebelum liburan, lebih baik cek dulu kondisi mobil agar tak menyusahkan ketika dipakai pergi bertamasya (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Libur telah tiba! Eits, jangan langsung tancap gas dulu nih Sobat KabarOto. Pasalnya kesehatan kendaraan Anda bisa dipertaruhkan saat pergi liburan. Pastinya sebelum liburan, lebih baik cek dulu kondisi mobil agar tak menyusahkan ketika dipakai pergi bertamasya.

Nih, ada tips dari Nirawansyah selaku Chief Mechanic dari Nusantara Motor, Jakarta Barat agar kondisi mobilmu siap dan sehat ketika dipakai perjalanan jauh.

1. Tekanan ban

tekanan ban
Tekanan ban

Hal yang harus diperiksa pertama kali adalah kondisi ban. "Tekanan ban yang normal adalah sekitar 30 — 34 psi. Kalau kurang atau terlalu keras, bisa mempengaruhi kenyamanan hingga kerusakan di kaki-kaki," ujarnya.

Nah pastikan isi dengan tepat sesuai rekomendasi pabrik ya. Gampangnya, lihat saja angka rekomendasi yang biasa tertera di pilar B atau buku manual kendaraan deh.

Baca Juga: Sebelum Liburan Akhir Tahun, Pastikan Temperatur Mobil Normal, Ini Langkahnya

Selain bahan bakar harus terisi agar mobil bisa jalan, Sobat KabarOto pun perlu memeriksa slang dan filter bensin. "Slang jangan sampai bocor atau retak. Kemudian, filter bensin juga harus berada dalam kondisi bersih atau tidak tersumbat," imbuhnya lagi.

2. Air Radiator

air radiator
Mengisi Air Radiator

Anda perlu memastikan air radiator berada dalam kondisi yang penuh. "Air reservoir juga perlu kamu periksa, tidak harus terlalu penuh, cukup sampai batas level," katanya.

Dianjurkan juga untuk memeriksa slang radiator dan reservoir. Jangan sampai ada yang retak, menggelembung, bocor dan tidak kencang.

Baca Juga: Cek Fitur Standar Mobil Agar Mumpuni Hadapi Musim Hujan!

Lalu pastikan oli mesin berada dalam volume yang cukup. Level oli pun harus berada di antara tanda L dan F. Anda bisa memantau kondisi level oli melalui stik oli yang umumnya semua kendaraan miliki. Jika pada saat pengecekan, level oli kendaraan kurang, sebaiknya perlu menambahkannya.

Selanjutnya, minyak rem wajib diperiksa dan jangan sampai kurang. Karena minyak rem ini yang paling penting, karena dapat mengakibatkan kecelakaan jika tak bisa mengerem secara maksimal.

Nirwan menambahkan, Anda perlu memastikan bahwa rem mobil bekerja dengan baik dan sempurna, jangan sampai terdapat kebocoran pada bagian slang rem.

3. Kondisi Aki

kondisi aki
Pengecekan Kondisi Aki

Untuk bagian kelistrikan, juga harus memeriksa baut kutub aki dan membersihkannya dari kotoran. Selanjutnya, air aki juga harus diperiksa. "Jangan menambahkan aki dengan air zuur (H2SO4) supaya kualitas aki tetap terjaga," katanya.

4. Periksa Lampu

periksa lampu
Periksa Lampu

Sobat KabarOto juga perlu memeriksa seluruh lampu yang ada pada mobil. Mulai dari lampu sen, lampu dekat, lampu jauh, lampu rem, lampu mundur, sampai lampu penerang di kabin. Bila mati, Anda bisa membahayakan diri sendiri dan pengendara lain.

5. Wiper Mobil

wiper mobil
Wiper Mobil

Terakhir, wiper mobil juga perlu diperiksa. Pastikan jika wiper berfungsi dengan baik karena alat ini sangat berguna ketika menghadapi kondisi cuaca hujan. Jangan sampai wiper dalam kondisi tidak baik, berdampak akan mengganggu visibilitas saat hujan dan tidak ada wiper berarti tak ada yang menyapu air saat hujan.

Baca Juga: Musim Hujan Datang, Wiper PIAA Bikin Kaca Seperti Daun Talas