Cobain Metode Konmari Supaya Interior Mobil Selalu Bersih

Cobain Metode Konmari Supaya Interior Mobil Selalu Bersih Foto: Autoindustriya

Kabaroto.com - Bagi pengguna sosial media aktif termasuk Netflix sepertinya tidak asing dengan nama Marie Kondo. Perempuan ini adalah konsultan dan penulis organized yang berasal dari Jepang, bahkan sudah menerbitkan buku yang dicetak dalam berbagai bahasa loh.

Marie Kondo telah memberikan dampak positif berkat buku dan serta tayangannya di netflix. Pada tayangannya ia memberikan pencerahan tentang tidy up alias beres-beres. Ternyata banyak orang yang terinspirasi dengan caranya merapikan serta menyusun rapi barang-barang.

Nah, hubungannya apa sih dengan otomotif? Tentu ada, terutama untuk sobat KabarOto yang suka meninggalkan barang termasuk sampah di mobil. Tidak jarang beberapa gelintir orang menjadikan kendaraan roda empat sebagai rumah kedua.

Baca juga: Datsun Kenalkan GO+ Panca dengan Transmisi CVT

Marie

Konmari yang dikenalkan Marie Kondo, mengajarkan orang untuk menjalani kehidupan sederhana dengan membuang hal atau benda yang tidak lagi memicu kegembiraan. Terutama untuk orang yang senang mengumpulkan benda memorable, di mana pada akhirnya hanya menjadi sampah.

Metode Konmari ternyata sangat membantu dalam menyusun barang berserakan di mobil loh. Karena biasanya, pengguna mobil lebih memperhatikan kebersihan eksterior saja, sedangkan interior dibersihkan saat datang ke carwash. Nah, kalau mau ikut metode Konmari, begini caranya.

1. Jangan tinggalkan sampah di mobil

Diawali dengan hal yang paling sepele namun sering disepelekan. Sampah yang ditinggal di dalam mobil selain membuat interior menjadi berantakan juga mendatangkan serangga bahkan tikus.

Marie

Jika memang sobat KabarOto harus membuang sampah di mobil, pastikan untuk segera dibuang pada tempatnya saat turun dari kendaraan. Tapi jangan jadikan hal ini alasan untuk membuang sampah sembarangan melalui jendela ya.

2. Bersihkan interior secara teratur

Setelah berhasil tidak meninggalkan sampah di dalam mobil, penting untuk tetap memperhatikan kebersihan interior. Karena pengguna atau penumpang pasti tidak hanya satu orang saja, kan?

Ada baiknya untuk meletakkan tong sampah kecil agar penumpang lain bisa meninggalkan sampahnya di sana. Benda ini cukup meminimalisir sampah yang berserakan di ruang kabin. Rutin untuk membersihkan kabin juga diperlukan, setidaknya satu minggu sekali agar menghindari penumpukan sampah.

3. Bukan hanya sampah

Bagi sobat KabarOto yang menjadikan mobil sebagai rumah kedua, kerap meninggalkan barang seperti sepatu bahkan baju di dalam mobil. Sayangnya, banyak yang menyepelekan dengan membiarkan baju yang sudah dipakai tertinggal di mobil.

Baca juga: Generasi Akhir Mercedes-AMG S65 Hadir dengan Mesin V12, Khusus untuk Kolektor

Marie

Tidak ada salahnya kalau sobat KabaroOo ingin membawa beberapa baju saat berpergian, tapi Marie Kondo menyarankan untuk memiliki tas yang diletakkan di bagasi atau kursi belakang. Sehingga pakaian tidak dibiarkan terus menggantung bahkan berserakkan di karpet mobil.

Untuk pakaian yang sudah dipakai pastikan untuk langsung dikeluarkan untuk dicuci, supaya tidak menimbulkan bau tidak sedap. Atau siapkan dua tempat untuk baju bersih dan baju kotor kalau diperlukan.

4. Hindari makan di dalam mobil

Nah, ini mungkin menjadi hal cukup sulit ya, biasanya sembari menikmati perjalanan atau saat melakukan perjalanan buru-buru, pengguna mobil akan membawa snack atau bekal untuk dimakan selama perjalanan. Padahal remah-remah yang berasal dari makanan mengundang serangga loh khususnya kecoa.

Agar interior mobil tidak kotor, sobat KabarOto bisa menghindari kotoran ini dengan tidak makan di mobil. Atau, kalau memang tidak bisa dihindari, usahakan untuk makan dengan wadah tertutup. Sehingga tidak bekas makanan tidak berserakan.

Marie

5. Susun peralatan di bagasi ke dalam kotak

Marie Kondo sangat memanfaatkan ruang penyimpanan atau kotak untuk mengatur barang bawaannya. Nah, setiap mobil membutuhkan berbagai alat yang harus dibawa selama perjalanan.

Sobat KabarOto bisa meringkas barang-barang tersebut dengan menempatkannya dalam satu wadah. Terutama untuk benda yang bisa bergerak-gerak saat ada goncangan. Jika benda-benda dibiarkan berserakan bisa menimbulkan suara yang mengganggu dalam perjalanan.

Nah, cara menjaga kebersihan interior dari metode Konmari ternyata sangat simpel, kan? Interior yang bersih juga membuat nyaman ketika berkendara loh, semoga bermanfaat tips ini.