Crawford Performance Eco-Block: Sempurnakan Kinerja Mesin Pabrikan

Crawford Performance Eco-Block: Sempurnakan Kinerja Mesin Pabrikan Crawford Performance Eco Block (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Kita tahu bahwa mobil standar teruji oleh pabrikan, karena semua sudah diperhitungkan secara matang serta presisi oleh para insinyur. Tapi bukan berarti tidak bisa dimaksimalkan. Makanya, Crawford Performance membuat Eco-Block, alat untuk sempurnakan kinerja mesin standar.

Komponen ini hasil olahan Quirt Crawford dari Crawford Performance yang bermarkas di California Amerika Serikat. Menurutnya, settingan mesin pada mobil standar cenderung sengaja dibuat lebih boros, bukan presisi oleh pabrikan. Dengan alasan itu akhirnya Crawford Performance mengembangkan sebuah alat yang dibuat khusus sebagai solusi atas fenomena tersebut.

Baca juga: Kapan Saat Yang Tepat Ganti Mobil Baru? Ini Penjelasannya

"Memang Mr. Quirt Crawford menemukan adanya kecenderungan tersebut karena pabrikan mencegah terjadinya MAF (Mass Air Flow) berada di posisi lean, yang lambat laun dapat merusak mesin karena suplai bahan bakar dan udara yang terlalu miskin," jelas Regi Fiandisa, owner AHT Garage selaku sub-diler dari produk Crawford Performance.

Alat yang dimaksud adalah Crawford Performance Eco Block, yang berfungsi untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar yang dipadu penambahan performa agar kinerja mesin lebih optimal.

"Kesimpulannya, para engineer dari Crawford menganulir loop hole pada tuning standar di beberapa mobil yang menggunakan MAF sensor dan membuat alatnya yang seperti cincin aluminium ini, yang kemudian dapat dipasang di MAF," terang Regi, sapaan akrabnya.

Baca juga: Penghemat Bahan Bakar Sangat Berbahaya, Ini Akibatnya Bagi Mesin

Tipenya, Crawford Performance membuat berbagai tipe mulai dari Q1 hingga Q5 tergantung jenis tipe MAF yang digunakan pada mesin mobil itu sendiri.

"Pabrikan memang bekerja sama dengan beberapa vendor pembuat MAF ini jadi memang harus disesuaikan, contohnya Eco Block tipe Q1 untuk jenis MAF dari Denso, kalau tipe Q2 biasanya untuk MAF dari Hitachi, dan seterusnya," lanjut pria yang hobi racing drone ini.

Soal harga, AHT Garage mematok Rp 600 ribu per item berlaku untuk semua tipe Eco Block.

"Kalau beli di sini sudah sekalian jasa pasang, gampang dan mayoritas mobil cuma butuh kurang dari 5 menit juga," imbuhnya.