POPULAR STORIES

CVT Anda Bunyi, Tek...Tek...Tek...Temui Virusnya

CVT Anda Bunyi, Tek...Tek...Tek...Temui Virusnya Bunyi tek...tek...tek... biasanya muncul saat sepeda motor dalam keadaan menyala tanpa gas diputar. (Foto: KabarOto/Yudi Atmaja)

Bagi Bro and Sist yang mempunyai motor matic, mungkin saja mempunyai kendala seperti terdengarnya bunyi tek...tek...tek.... Bunyi ini bukan saat motor mesin off tetapi justru ketika mesin menyala. Ini yang dialami oleh beberapa pengguna Honda Vario 125. Ternyata virusnya ada di CVT.

Menurut Bro Jaka, mekanik Sumber Rizki Motor (SRM) Pamulang, Tangerang Selatan, bunyi tek...tek...tek...di Honda Vario 125, terjadi di boks CVT. Yang menjadi pertanyaan di sini adalah, apakah bunyi tersebut wajar atau justru perlu dikhawatirkan?

Dibenarkan oleh Bro Jaka, memang ada beberapa pengguna Honda Vario 125 mempertanyakan bunyi tersebut.

"Bunyi tek...tek...tek... biasanya muncul saat sepeda motor dalam keadaan menyala tanpa gas diputar. Namun, setelah handel gas di putar, perlahan bunyi itu akan hilang dengan sendirinya. Titik permasalahannya adalah ada di komponen piece slide yang berada di dalam boks CVT. Komponen ini biasa disebut karet rumah roller. Bunyi itu disebabkan karena komponen tersebut sudah aus, habis.