POPULAR STORIES

Daihatsu Klaim Dapat 600 SPK Saat Event Virtual, Siapa Pembelinya?

Daihatsu Klaim Dapat 600 SPK Saat event Virtual, Siapa Pembelinya?

KabarOto.com - Saat ini, Indonesia masih terbilang sebagai negara yang kondisi perekonomiannya tidak stabil. Hal itu dikarenakan Pandemik Covid-19 yang masih belum juga menunjukkan pemulihan. Apalagi vaksin untuk virus tersebut sampai saat ini masih dalam tahap pengujian.

Industri otomotif, menjadi salah satu yang terkena imbas terparah. Banyak konsumen menahan uang mereka untuk tidak membeli mobil. Lantaran enggan melakukan pembelian di diler, alasan takut tertular virus corona.

Baca Juga: Dua Isu Yang Bikin Daihatsu Khawatir Di Bulan September

Agen Pemegang Merek (APM) pun memiliki cara yang jitu, untuk melakukan penjualan tanpa adanya interaksi atau tatap muka langsung. Hal itu untuk bangkit di masa sulit, dan juga agar roda perekonomian bisa berputar.

Booth Daihatsu di GIIAS

Astra Daihatsu Motor (ADM) menjadi APM yang gencar melakukan penjualan secara virtual. Hasilnya cukup baik, dan meningkatkan angka penjualan yang selama ini terpuruk.

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International, Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) menjelaskan, saat Pembatasan Sosial Berskala Besar diterapkan, aktivitas offline, seperti pameran di mall atau berbagai event tidak dijalankan, online menjadi cara yang dilakukan.

"Kami pun melakukan aktivitas digital, sejak bulan lalu kami menyelenggarakan customer virtual event, dua kali dalam sebulan," terangnya saat diskusi virtual dengan media otomotif, beberapa waktu lalu.

Kegiatan tersebut membuat konsumen memahami, jika virtual event bisa menjadi sarana melakukan pembelian mobil di tengah kondisi yang serba terbatas. Konsumen juga mendapatkan benefit yang lebih besar.

"Di event itu, biasanya kami bisa mendapatkan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) cukup banyak, minimal 500 sampai 600 SPK," tambah Hendrayadi.

Antusiasme konsumen selama event virtual, membuat Daihatsu berencana ke depannya mengadakan event tersebut secara rutin. "Kami berharap strategi ini masih tetap efektif di Oktober, November, Desember," paparnya lagi.

Baca Juga: Daihatsu Dress Up Challenge Tahun Ini Digelar Virtual

Lalu siapakah yang membeli mobil Daihatsu di masa sulit seperti sekarang ini? yang pertama menurut dia adalah konsumen yang benar-benar butuh. "Kedua secara financial juga siap, terjadilah penjualan," tambahnya. Menurut Hendrayadi, ternyata kebutuhan mobil baru masih tetap ada, meski kondisinya masih seperti sekarang ini.