Dakar 2022 Etape 9: Nasser Al-Attiyah Semakin Dekat Raih Juara

Dakar 2022 Etape 9: Nasser Al-Attiyah Semakin Dekat Raih Juara Nasser Al-Attiyah sudah dekat raih Juara Dakar 2022

KabarOto.com - Toyota Gazoo Racing untuk kali pertama di kejuaraan reli Dakar torehkan sejarah finis 1-2-3 di Etape 9. Giniel de Villiers finis terdepan, diikuti Henk Lategan dan Nasser Al-Attiyah.

Adapun catatan waktu tercepat Giniel adalah 2:23:08 detik, terpaut tipis tertinggal 9 detik diraih Lategan. Sedangkan Al-Attiyah tertinggal 1:04 detik.

Baca juga: Dakar 2022 Etape 7: Duel Sengit Nasser Al-Attiyah dan Sebastien Loeb

Giniel de Villiers puas kinerja mekanik selesaikan suspensinya

Meski begitu, Al-Attiyah masih pemegang sementara puncak Juara reli Dakar 2022 kumpulkan 30:15:04 detik. Namun masih dibayangi oleh Sebastien Loeb (Bahrain Raid Xtreme) di posisi dua klasemen dengan terpaut 34:05 detik. Posisi ketiga adalah Yazeed Al Rahji (Overdrive Toyota).

Giniel mengakui senang bisa menang etape 9 apalagi sehari sebelumnya lewati persaingan ketat di gurun. Dirinya juga puas atas penanganan Toyota Hilux bernomor 207 oleh para mekanik, akibat terkendala redaman suspensi yang kian memburuk beberapa hari belakangan.

"Kita bisa meluncur mulis dan senang bisa mengumpulkan kemenangan stage untuk Toyota," jelas pereli kelahiran Afrika Selatan ini.

Sebastien Loeb mewaspadai kecepatan melebihi batas 170 kpj saat lalui turunan



BRX Hunter bernomor 211 yang dikendarai Loeb selepas start Etape 9 sepanjang 35 km pertama langsung tancap gas. Dirinya mengakui sedikit berhati-hati dengan kecepatan mobil meski sudah ada pembatan kecepatan 168 kpj, sebab banyak lalui jalanan menurun yang membuat mobil bisa lebih kencang tembus 170 kpj. Sebab bila melebih kecepatan, setiap pereli yang melanggar bisa terkena penalti 10 menit.

Meski finis posisi lima di Etape 9, Loeb mengakui sudah lakukan yang terbaik dari start hingga akhir. "Tak ada kesalahan di navigasi, tapi ada bocor ban, karena terlalu agresif saat lintasi bebatuan sebab harus mempertajam waktu," ujar Loeb.

Loeb harus mengganti ban, tapi setelah itu lebih memperhitungkan waktu dan lebih waspada sehingga bisa lewati etape tanpa kendala.

Baca juga: Dakar 2022 Etape 8: Mattias Ekstrom Menang Perdana, Loeb Terus Bertempur Lawan Al-Attiyah

Nasser Al-Attiyah senang Toyota Gazoo Racing finis 1-2-3

Sedangkan pemegang klasemen sementara Juara Dakar 2022, Al-Attiyah mengungkapkan laju mobil di etape 9 ini tak ada kendala dan dirinya juga tak terlalu ngotot dan sudah puas finis di posisi tiga.

"Sekarang kita benar-benar unggul jauh dan yakin dengan tunggangan Toyota, semuanya masih dalam kondisi mulus. Sangat luar biasa bisa bukukan finis 1-2-3 untuk Toyota Gazoo Racing, meskipun masih belum selesai pertarungan ini, setiap hari rasanya seperti kemenangan kecil, semakin dekat ke Jeddah," beber pereli asal Qatar bernomor 201 ini.

Berita Terkait

Berita Terkait