POPULAR STORIES

Dampak Buruk Membiarkan Tangki Bahan Bakar Mobil Hampir Habis

Dampak Buruk Membiarkan Tangki Bahan Bakar Mobil Hampir Habis Berbagai dampak buruk membiarkan tangki bahan bakar mobil hampir habis. (istimewa)

KabarOto.com - Mayoritas pengendara mobil pasti pernah membiarkan tangki bahan bakar hingga hampir habis. Kebiasaan tersebut ternyata membawa banyak kerugian bagi mobil.

Ya, kebiasaan membiarkan tangki bahan bakar kosong bisa menimbulkan endapan kotoran. Hal itu membuat saluran bahan bakar menjadi tersumbat.

Tak hanya itu saja, tangki bahan bakar yang dibiarkan hampir habis juga dapat memicu korosi. Itu karena ketika kondisi tangki bahan bakar di posisi E (empty), akan ada lebih banyak udara di tangki tersebut dan bisa menimbulkan hadirnya karat.

Baca Juga:

Korosi berlebih akan menyumbat suplai bahan bakar minyak ke sistem mesin. Sehingga tenaga mesin akan menurun tenaganya dan fatalnya mogok di tengah jalan.

Di sisi lain, uap atau udara berlebih yang ada di dalam tangki menghasilkan titik-titik air dan akan bercampur dengan bahan bakar minyak. Saat minyak bercampur dengan air, proses pembakaran menjadi tak sempurna.

Agar tangki tak cepat kosong dan kita tak sering-sering mampir ke pom bensin untuk mengisi bahan bakar, cara mengemudi kita juga patut diperhatikan.

Cara berkendara yang kurang baik dapat menyebabkan mobil boros bahan bakar. Mengemudikan kendaraan terlalu cepat dapat menyebabkan bahan bakar terkuras.

Selain itu terlalu cepat menarik gas dapat membuat bahan bakar menjadi boros, selalu menggunakan gigi rendah saat kendaraan berjalan juga membuat bbm menjadi boros. Maka dari itu, kita disarankan untuk menggunakan gigi sesuai dengan kecepatan kendaraan.