POPULAR STORIES

Demi Lancarkan WSBK Indonesia 2022, Kualitas Sirkuit Mandalika Ditingkatkan

Demi Lancarkan WSBK Indonesia 2022, Kualitas Sirkuit Mandalika Ditingkatkan Pertamina Mandalika International Street Circuit (foto : Istimewa)

KabarOto.com – Menjelang ajang World Superbike (WSBK) Indonesia 2022, pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA) melakukan perbaikan lintasan sirkuit.

Menyusul kesuksesan penyelenggaraan WSBK pada musim 2021. Sirkuit Mandalika yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan kembali menjadi tuan rumah balap motor produksi masal tersebut.

Baca juga: Yamaha Tidak Akan Menggunakan Motor Baru Untuk WSBK 2023
WSBK Indonesia 2021, foto : WSBK

Tidak seperti musim lalu, Mandalika tidak sebagai seri penutup. Sirkuit dengan trek sepanjang 4,3 km itu bakal menggelar seri ke-11 yang akan berlangsung pada 11-13 November mendatang. Guna mematangkan persiapan, MGPA bersama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) melakukan Track Improvement yang dimulai sejak 20 Agustus. Rencanannya, perbaikan sirkuit akan rampung pada 30 September mendatang.

Track Improvement merupakan modifikasi sirkuit yang wajib dilakukan oleh kedua pihak tersebut atas permintaan Federation Internationale de Motocyclesme (FIM). Perbaikan tersebut termasuk pengaspalan, pelebaran run-off di enam tikungan dan penambahan ban pelindung di area tembok pembatas.

Baca juga: Ini Penyebab Enea Bastianini Gagal Di MotoGP Austria 2022

“Pekerjaan ini di Pertamina Mandalika International Circuit ini dilakukan untuk memenuhi permintaan FIM. Sekaligus mematangkan pekerjaan di lapangan. Untuk itu, kami menutup sirkuit ini dari segala bentuk aktivitas kunjungan hingga 1 Oktober 2022,” ungkap Priandhi Satria selaku Direktur Utama MGPA.

Selain itu, pihak ITDC dan MGPA juga melakukan pembongkaran area gravel bed di Tikungan 10, 11, dan 12. Area gravel ini dibersihkan terlebih dahulu, kemudian baru melakukan pelebaran run-off. Bagian tersebut dikerjakan oleh PT PP dengan sub kontraktor konsultan desain dan supervisi Dromo Circuit Design. Konsultan ini pernah mendesain dan membangun sejumlah sirkuit seperti Siverstone, Spa-Francorchamos, Mugello, dan Marina Bay.