Diduga Mengalami Masalah Pengereman, Hyundai Kona EV Kena Recall

Diduga Mengalami Masalah Pengereman, Hyundai Kona EV Kena Recall

KabarOto.com – Hyundai Motor berencana melakukan penarikan produk kembali (recall) terhadap Hyundai Kona EV, dan kendaraan bahan bakar fuel cell Nexo yang dipasarkan di Korea Selatan.

Penarikan tersebut diduga karena produk tersebut mengalami masalah pada sistem pengereman elektroniknya. Tercatat ada 50.864 unit kendaraan yang terdampak masalah tersebut.

Kementerian Transportasi Korea Selatan menyebutkan, “Sistem pengereman dua kendaraan roda empat itu mungkin tidak berfungsi karena mengalami kerusakan pada perangkat lunaknya.”

Baca Juga : Platform E-GMP Milik Hyundai, Bikin Pengisian Daya Listrik Lebih Cepat

Meskipun begitu, belum ada laporan kecelakaan akibat kerusakan tersebut.

Sebagai informasi, Hyundai Kona EV merupakan salah satu kendaraan listrik paling laris di Eropa. Penjualan di luar negara asalnya sudah mencapai 75% penjualan keseluruhan.

Secara detail, penarikan di negara asalnya mencapai sekitar 40.000 unit Hyundai Kona EV, produksi Mei 2019 dan November 2020. Sedangkan, untuk SUV sel bahan bakar fuel cell Nexo sebanyak 10.138 unit, produksi Januari 2018 dan November 2020.

Baca Juga : Diklaim Lebih Murah Dan Mudah, Begini Perawatan Berkala Hyundai Ioniq Dan Kona Elektrik

Hyundai sendiri sudah menarik kembali setidaknya 74.000 Kona Electric secara global, setelah lebih dari selusin kendaraan terbakar di Korea Selatan, Kanada, dan Eropa dalam kurun waktu dua tahun ini.

Kabarnya, Kia Motors juga melakukan penarikan mobil kembali karena maslah serupa. Tercatat, 1.895 mobil listrik Kia Soul yang terdampak masalah tersebut.