Diklaim Lebih Murah Dan Mudah, Begini Perawatan Berkala Hyundai Ioniq Dan Kona Elektrik

Diklaim Lebih Murah dan Mudah, Begini Perawatan Berkala Hyundai Ioniq dan Kona Elektrik

KabarOto.com - Kendaraan listrik saat ini pemasarannya terus diperluas termasuk di Indonesia. Beberapa waktu lalu PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) meluncurkan dua mobil listrik murni yaitu Kona dan Ioniq Electric. Pembelian kendaraan ini sudah dilengkapi dengan portable charger loh.

Beberapa pengguna mungkin akan merasa bahwa kendaraan listrik perawatannya cukup sulit. Pasalnya, ini merupakan hal cukup baru karena terbiasa dengan mobil konvensional yang komponennya lebih rumit. Ternyata servis berkala mobil listrik ini diklaim lebih mudah dan murah.

Baca Juga: Ridwan Kamil Coba Hyundai Ioniq Electric, Begini Tanggapan Hyundai Soal Mobil Dinas Pemprov Jabar

Walaupun Hyundai Kona dan Ioniq adalah kendaraan listrik yang tidak menggunakan oli sebagai pelumas, mobil listrik tetap membutuhkan pelumas.

"Kendaraan elektrik tidak memiliki engine running tetapi motor penggerak roda, komponen ini juga butuh pelumas," ujar Service General Manager PT HMID Putra Samiaji.

Hyundai bukan tanpa alasan mengatakan bahwa perawatan mobil listriknya murah dan mudah, karena motor penggerak roda yang membutuhkan pelumas tersebut hanya perlu 1 liter saja yang pergantiannya memiliki masa yang lama.

Baca Juga: Sebegini Lama Isi Daya Hyundai Kona Electric Dan Ioniq Electric Dengan Portable Charger

"Uniknya, karena kendaraan elektrik tidak memiliki mesin jadi perawatan berkala sangat efisien, mudah dan murah," tambahnya.

Terkait perawatan berkala Hyundai Kona dan Ioniq Electric jarak servis rutinnya per 15.000 km atau satu tahun sekali, tergantung mana dulu yang tercapai. Sementara itu, untuk penggantian filter AC untuk sirkulasi kabin, baterai coolant, dan brake fluid intervalnya per 60.000 km.