POPULAR STORIES

DKI Jakarta Uji Coba ERP Di Sudirman Dan Rasuna Said, Nopol Genap Ganjil Akan Dihapus

DKI Jakarta Uji Coba ERP di Sudirman dan Rasuna Said, Nopol Genap Ganjil akan Dihapus Dilaksanakannya sistem ERP di DKI Jakarta nantinya akan menghapuskan sistem kebijakan pelat nomor kendaraan ganjil dan genap (Foto: Istimewa)

Electronic Road Pricing (ERP) telah diuji coba di ruas jalan yang berbeda, jalan Sudirman dan jalan Rasuna Said. Bagaimanakah manfaat adanya ERP ini?

Seperti yang dituturkan oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, dilaksanakannya sistem ERP di DKI Jakarta nantinya akan menghapuskan sistem kebijakan pelat nomor kendaraan ganjil dan genap. Karena menurut Gubernur ERP akan lebih efektif untuk melakukan pembatasan kendaraan di jalan protokol.

"Pertama uji coba dilakukan di kawasan Sudirman yang dilakukan oleh perusahaan asal Swedia, Kapsch yang telah dilaksanakan beberapa hari lalu. Dan kemudian yang kedua sistem ERP ini dilaksanakan uji cobanya di jalan Rasuna Said yang dilakukan oleh perusahaan asal Norwegia, yakni Q-Free yang juga sudah dilaksanakan beberapa hari lalu.

Masih menurut Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, pelat nomor polisi ganjil genap cukup baik, cukup memuaskan. Polisi akan langsung mengetahui jika ada pengendara yang menggunakan pelat palsu. Jika terbukti menggunakan pelat palsu pengendara akan langsung dipidanakan.

"Kan polisi bisa kenalin mana yang palsu dan asli," ujarnya kepada wartawan.

Baca Juga: