Dodge Charger SRT Daytona 50th Anniversary 2020, Hanya Diproduksi 501 Unit

Dodge Charger SRT Daytona 50th Anniversary 2020, Hanya Diproduksi 501 Unit Foto: Dodge

KabarOto.com – Dodge mengeluarkan edisi ulang tahun ke-50 bernama Dodge Charger SRT Daytona 50th Anniversary 2020. Basis produksi mobil spesial ini berasal dari model Charger Hellcat Widebody 2020.

Mobil ini melakukan debutnya pada 17 Agustus 2019 di area Modern Street Hemi Shootout, selama acara tahunan Woodward Dream Cruise di Pontiac, Michigan.

Baca juga: Melihat Bus Klasik Dodge 500 Yang Pernah Dipakai Sumber Alam

Edisi spesial ini diproduksi untuk memperingati masa jayanya di tahun 1969 sampai 1970, saat Dodge merajai kompetisi balap Nascar Daytona. Selama ajang kejuaraan Nascar, mobil ini pernah mencatatkan rekor bertahan selama 17 tahun.

Edisi spesial ulang tahun ke-50 Daytona Charger 2020 akan diproduksi dalam jumlah terbatas 501 unit, seperti pada Dodge Charger Daytona 1969 hanya dibuat sebanyak 501 unit. Pengiriman model spesial ini akan dimulai awal tahun 2020.

Dilihat di eksteriornya, Dodge menawarkan 4 warna bodi di antaranya Pitch Black, Triple Nickel, White Knuckle dan warna B5 Blue, sebagai warna andalan yang eksklusif untuk Charger Model 50th Anniversary Hellcat Daytona 2020.

Tampilan semakin sporty berkat ban berukuran 305/35R20 dari Pirelli seri performance dengan lapisan carbon satin. Terdapat stiker berwarna putih di bagian spoiler belakang, untuk semua pilihan warna dengan tulisan Daytona. Sementara warna White Knuckle mendapatkan stiker biru di bagian belakang.

Beralih ke interior, kabin terlihat sporty berkat penggunaan kulit Nappa berwarna hitam dan kursi sport berlapis Alcantra dengan jahitan berwarna biru serta dibordir Daytona. Jok memiliki pengaturan 12 arah, memastikan posisi menyetir yang ideal. Sekaligus memastikan visibilitas yang lebih baik, serta fitur pemanas dan pendingin jok, untuk menambah kenyamanan pengemudi dan penumpang.

Masih di kabin, terdapat aksen serat karbon pada instrument cluster dan konsol tengah, sementara aksen hitam krom mendominasi di seluruh kabin termasuk pada lingkar setir bagian bawah. Menandakan edisi spesial yang terbatas, terdapat emblem bertuliskan Daytona Limited Edition di bagian dasbor beserta angka unit produksi dari 501 unit.

Sebagai mobil balap yang kencang, Dodge harus membekali dapur pacu yang bertenaga. Menggunakan mesin V8 Supercharged, berkapasitas 6.200 cc, sanggup menghasilkan tenaga 717 dk dan torsi maksimal 881 Nm. Mobil ini memiliki kecepatan rata-rata lebih dari 320 kpj.

Efeknya punya power yang sangat luar biasa, tentu perlu sistem pengereman yang mumpuni. Laju mesin bertenaga itu dihentikan oleh rem cakram Brembo 6 piston di bagian depan dan 4 piston di bagian belakang, dengan kaliper berwarna hitam.

Sayang, Dodge belum merilis harga resmi untuk edisi spesial ulang tahun ke 50 ini, namun pemesanannya akan dibuka pada musim gugur tahun 2019 dengan pengiriman dimulai pada awal tahun 2020. (Nora Dian Pratama)