Dorna Sports Umumkan Peluncuran MotoE

Dorna Sports Umumkan Peluncuran MotoE Motor balap bertenaga listrik, MotoE (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Dorna Sports, selaku penyelenggara MotoGP resmi meluncurkan ajang balap motor listrik, MotoE World Cup, di Roma, Italia, Selasa (7/2/2018). Rencananya ajang MotoE World Cup akan memulai debutnya pada 2019 dan diikuti oleh 18 pembalap dari 11 tim Grand Prix.

Tujuh tim satelit MotoGP – Tech 3, LCR, Marc VDS, Pramac, Avintia, Angel Nieto dan Gresini – akan menurunkan masing-masing dua motor, sementara empat tim diambil dari kelas Moto2 dan Moto3 berbagi masing-masing satu motor.

Untuk dapur pacu, motor balap elektrik ini dibekali mesin bertenaga 147 dk dan mampu menempuh kecepatan hingga 250 km/jam dan bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam 3 detik.

Baterainya sendiri dapat di-charge dari 0 hingga 85% dalam waktu di bawah 30 menit.

Baca Juga: Demi Keselamatan Pembalap, Jarak Tempuh Tujuh Seri MotoGP 2018 Diperpendek

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta mengungkapkan rasa senangnya proyek yang dijalankan bersama FIM ini bisa selangkah maju ke dunia mobilitas listrik, sebuah opsi yang dianggap sebagai jalan paralel untuk masa depan.

"Hari ini, kami sangat antusias untuk mengumumkan kemitraan dengan Enel sebagai sponsor resmi untuk FIM Enel MotoE World Cup, dan juga sebagai Sustainable Power Partner dari MotoGP – mitra teknis yang kami harapkan dapat bekerja sama dalam usaha baru ini," ujar Carmelo Ezpeleta, seperti dilansir Crash.net, Rabu (7/2/2018).

Pria berusia 72 tahun itu juga merasa puas dengan komitmen dan nilai-nilai Enel, karena mereka dengan sempurna menyoroti prinsip-prinsip yang diluncurkan FIM Enel MotoE World Cup.

Baca Juga: Jelang MotoGP 2018, Yamaha Diminta Ubah Desain Fairing Miliknya

"Kami juga sangat bangga dapat bekerja sama dengan perusahaan global yang inovatif dan menjangkau seperti Enel dan berharap kolaborasi yang melibatkan IRTA, Tim Independen MotoGP dan motor Energica ini. Anda bisa memastikan, bahwa bersama-sama kita bisa membuat kesuksesan MotoE World Cup yang gemilang," tambah Carmelo.

Balapan MotoE sendiri akan diadakan bersamaan dengan beberapa seri MotoGP dan hanya akan berlansung selama 10-12 putaran. Meski belum dikonfirmasi, jadwal kalender MotoE diperkirakan terdiri dari lima balapan di Eropa.