Jelang MotoGP 2018, Yamaha Diminta Ubah Desain Fairing Miliknya

Jelang MotoGP 2018, Yamaha Diminta Ubah Desain Fairing Miliknya Fairing Kontroversi tim Movistar Yamaha (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images Europe)

KabarOto.com- Memasuki musim perdana MotoGP 2018, tiga tim besar MotoGP, Honda, Yamaha, dan Ducati memamerkan fairing aerodinamika terbaru dalam tes pramusim di Sepang, Malaysia. Namun, desain fairing yang digunakan tim Movistar Yamaha tengah menimbulkan kontroversi.

Seperti dilansir Motorsport, Senin (5/2/2018), pakar teknis Craig Scarborough mengungkapkan alasan mengapa regulasi yang dibuat penyelenggara MotoGP tidak bisa benar-benar melarang penggunaan perangkat aerodinamika tersebut.

Baca Juga: Jorge Lorenzo Jadi Yang Tercepat di Sesi Final Pramusim MotoGP 2018

Scarborough mengambil contoh dari desain milik Honda dan Ducati, yang bisa diterima. Namun fairing milik Yamaha tidak begitu disetujui oleh Direktur teknis MotoGP, Danny Aldridge.

"Mereka memilki set-up yang sedikit berbeda, dan jauh lebih memanjang di sepanjang motor, Danny Aldridge sedikit tidak senang dengan desain ini, dan meminta Yamaha untuk membuat beberapa perubahan," ujar Scarborough.

Baca Juga: Dua Pembalap MotoGP dan Moto2 akan Ditemani Helm Buatan Indonesia

"Jadi, Yamaha punya sedikit pekerjaan untuk memastikan mereka memenuhi apa yang mereka harapkan dari peraturan ini," tambahnya.

Sebelumnya penggunaan fairing aerodinamika telah mendapat larangan di musim 2017 lalu. Namun sepertinya, para tim pabrikan MotoGP tidak menganggap larangan itu merupakan hal yang serius.