POPULAR STORIES

Dorong Daya Saing Industri, BYD Diminta Tingkatkan TKDN

Dorong Daya Saing Industri, BYD Diminta Tingkatkan TKDN BYD perkenalkan tiga mobil listrik di Indonesia (Sigit/KabarOto)

KabarOto.com - Rencana produsen otomotif asal Tiongkok, Build Your Dreams (BYD) mendirikan 50 jaringan dilernya di kota-kota besar di Indonesia diharapkan dapat mendorong masyarakat menggemari mobil listrik.

Baca Juga: Profil BYD Dolphin, Hatchback Listrik Dengan Jarak Tempuh 490 Km

Untuk itu, pemerintah mendorong BYD untuk meningkatkan target minimal Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 60%.

"Pemerintah terus mendorong BYD untuk dapat meningkatkan konten lokal sehingga tentu dapat mendorong daya saing industri dan melakukan integrasi," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Di sisi lain, pemerintah juga terus mendorong insentif termasuk bea masuk roda empat sebesar 0 persen dalam bentuk CBU dan CKD serta insentif PPnBM untuk roda empat dalam percepatan mobil listrik.

Ia juga yakin bahwa kendaraan listrik di Indonesia akan semakin masif. Sepanjang 2023, penjualannya mencapai sebesar 17 ribu unit, sedangkan bila termasuk BEV dan hibrida maka angkanya mendekati 80 ribu.

Baca Juga: BYD Dolphin Sudah Uji Jalan Jakarta-Bandung-Jakarta, Baterai Hanya Sekali Pengecasan

"Ekspor mobil listrik sebanyak 1.504 unit, penjualan hibrida 54.656 unit dengan ekspor 27.310 unit. Informasi yang kami dapatkan dari perbincangan dengan eksekutif BYD bahwa nilai investasi mereka mencapai 1,3 miliar dengan kapasitas produksi 150 ribu unit," imbuh dia.