Duh, Daihatsu Rocky Masih Terjegal Masuk Indonesia

Duh, Daihatsu Rocky Masih Terjegal Masuk Indonesia Daihatsu Ayla

KabarOto.com - Bagi penggemar otomotif Tanah Air, untuk sementara tidak akan melihat kemunculan model baru Daihatsu di Indonesia. Bahkan termasuk Daihatsu Rocky yang muncul di Tokyo Motor Show 2019, digadang-gadang bakal diproduksi di Indonesia.

Pasalnya, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku pemegang merek, memastikan tidak akan menghadirkan varian baru di sepanjang tahun 2020.

Baca Juga: Jualan Melempem, Daihatsu Bakal Segarkan Tampilan Sirion?

"Untuk tahun ini, kami pastikan tidak ada produk baru yang akan meluncur," ujar Direktur Marketing ADM, Amelia Tjandra, di Sunter, Jakarta.

Wanita yang akrab disapa Amel ini tidak menyebutkan secara detail, mengapa Daihatsu Rocky belum masuk Indonesia.

Tak ada model baru pada tahun ini

Namun ia memastikan, telah melakukan studi khusus terkait kemungkinan kehadiran Rocky untuk pasar otomotif nasional. "Nanti pada waktunya akan saya informasikan. Tapi tahun ini saya hanya bisa bilang tahun ini belum bisa luncurkan Rocky," ucapnya saat ditemui KabarOto.

Ia melanjutkan, saat ini pihaknya sedang fokus mempertahankan posisi penjualan pada rangking 2 otomotif nasional.

"Tahun ini bakal lebih susah karena persangingan makin berat, tapi kami percaya produk kami yang sudah dipasarkan best fit from Indonesia," jelas Amel.

Meski tidak meluncurkan produk baru, namun ADM berjanji akan melakukan penyegaran terhadap beberapa produknya. Salah satunya adalah di segmen city car Daihatsu Sirion. Rencananya, Daihatsu Sirion facelift bakal dihadirkan pada Maret 2020.

Baca Juga: Canggih! Ini Jadinya Bila Produsen Elektronik Sony Membuat Mobil

"Kami cari produk yang cocok untuk Indonesia, sedangkan penambahan produk nggak ada. Jadi kami lakukan penyegaran pada Daihatsu Sirion. Mesinnya tidak berubah hanya mengalami sedikit perubahan di bagian depan atau facelift," pungkas Amel.

Saat ini, Daihatsu telah memiliki beberapa produk di beberapa segmen, untuk konsumennya di Indonesia. Mulai dari Sigra, Terios, Ayla, Xenia, hingga Grand Max. Sigra sendiri menjadi model unggulan, dengan penyumbang penjualan hingga lebih dari 25 persen.

Batalnya Rocky masuk atau diproduksi oleh ADM, dikabarkan bahwa brand Malaysia yakni Perodua sudah ditunjuk sebagai basis produksi Rocky semester pertama tahun 2020. Adapun Perodua D55L adalah saudara kembar Rocky versi Malaysia.