Dukung Peralihan Kendaraan Listrik, IEMS 2022 Resmi Digelar

Dukung Peralihan Kendaraan Listrik, IEMS 2022 Resmi Digelar Booth peserta IEMS 2022 (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022 resmi digelar mulai hari ini, Rabu (28/9). Di mana, pameran khusus ekosistem dan infrastruktur kendaraan listrik ini diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada 28 -30 September 2022.

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko mengatkan IEMS 2022 merupakan ajang untuk melakukan sosialisasi ekosistem kendaraan listrik, termasuk juga terkait peran riset dan inovasi dalam pembangunan ekonomi dan sosial.

“IEMS 2022 merupakan salah satu bentuk dukungan dari BRIN bersama stakeholders serta produsen kendaraan listrik di Indonesia dalam menginformasikan perkembangan berbagai inovasi terbaru kendaraan listrik di Indonesia,” ujar Laksana Tri Handoko.

Baca Juga : Davigo Resmi Menjadi Motor Listrik Nasional

Pembukaan IEMS 2022

Sejak dikeluarkannya Peraturan Presiden (Perpres) No.55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) untuk Transportasi Jalan dikeluarkan pada Agustus 2019, ada harapan besar bahwa industri kendaraan listrik akan melaju. Begitu pun dengan transisi kendaraan berbahan fosil akan segera berganti dengan kendaraan listrik berbasis baterai.

“Melalui tema IEMS 2022 ‘Strengthening Autonomous Ecosystem’. BRIN ingin mendorong berbagai pihak untuk menjadi bagian dari ekosistem yang akan mendorong inovasi dan pertumbuhan di bidang AV,” imbuh Laksana Tri Handoko.

Baca Juga : Zero DSR/X 2023 Resmi Meluncur, Motor Listrik Adventure Bertenaga Besar

Sebagai informasi, IEMS 2022 ini merupakan gelaran yang ketiga, sebelumnya digelar pada tahun 2019 dan 2021. Berbeda dengan ajang sebelumnya, BRIN beradaptasi dan berinovasi dengan kondisi pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan teknologi digital berbasis internet.

Pada IEMS 2022 diikuti sekitar 50 perserta yang menampilkan produk dan fasilitas pendukung kendaraan listrik.