POPULAR STORIES

Ekspor Kendaraan CBU Terus Digenjot Hingga 1 Juta Unit

Ekspor Kendaraan CBU Terus Digenjot Hingga 1 Juta Unit Pengapalan mobil Toyota (Foto: TMMIN)

KabarOto.com - Industri otomotif saat ini mulai berkembang, setekah beberaopa waktu lalu sempat terpuruk akibat Pandemik Covid-19. Industri ini dinilai menjadi salah satu sektor terpenting, menjadi salah satu yang berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Saat ini sudah ada 21 perusahaan industri kendaraan bermotor roda empat atau lebih, dengan kapasitas produksi sebesar 2,35 juta unit per tahun. Telah menyerap tenaga kerja langsung sebanyak 38 ribu orang.

Baca juga: Ekspor Suzuki Meningkat 34 Persen, Dikirim Ke 52 Negara Di Dunia

Investasi untuk industri ini sudah tertanam Rp 140 triliun, dan memberikan penghidupan kepada 1,5 juta orang yang bekerja di sepanjang rantai nilai industri tersebut.

Ekspor mobil Suzuki (Foto: SIS)

Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian Indonesia menyatakan, saat ini produk otomotif kita telah berhasil diekspor ke lebih dari 80 negara.

Selama Januari hingga Oktober 2021, tercatat ada 235 ribu unit kendaraan CBU dengan nilai sebesar Rp 43 triliun, 79 ribu set CKD dengan nilai sebesar Rp 1 triliun, dan 72 juta unit komponen dengan nilai sebesar Rp 24 triliun.

Pemerintah targetkan, tahun 2025 ekspor kendaraan CBU dapat mencapai 1 juta unit. Ini, menurutnya hanya bisa tercapai apabila semua pihak berkolaborasi.

Kolaborasi yang dimaksud dalam upaya meningkatkan efisiensi produksi dan daya saing produk melalui implementasi industri 4.0. Kemudian penciptaan iklim usaha yang kondusif melalui harmonisasi dan sinkronisasi regulasi di sektor otomotif.

Baca juga: Ekspor DFSK Dari Pabrik Cikande Meningkat 119 Persen

Meski dikatakan tumbuh, namun Agus menyampaikan hal penting. "Belajar dari pengalaman industri ini selama beberapa dekade, ada satu hal terpenting, yaitu komitmen dari principal," terangnya, Kamis kemarin (09/12).

Komitmen mereka untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi yang berorientasi ekspor.