POPULAR STORIES

Ekspor Ribuan Unit, All New Suzuki Ertiga Jadi Favorit Orang Meksiko

Ekspor Ribuan Unit, All New Suzuki Ertiga Jadi Favorit Orang Meksiko

KabarOto.com - Sobat KabarOto pasti sudah tidak asing dengan merek asal Jepang yang berkiprah di Indonesia yaitu PT Suzuki Indomobil Motor (SIM). Salah satu lini kendaraannya juga menjadi primadona masyarakat Indonesia lho, yaitu Suzuki Ertiga.

All New Ertiga sejak diluncurkan pertama kali hingga saat ini nampaknya masih menjadi produk favorit. Bahkan, tak hanya di Indonesia Sob, di kancah Internasional rupanya ikut melirik Low MPV ini. Berbagai negara tujuan ekspornya, Meksiko menjadi penyumbang terbesar.

Baca Juga: Mirip, Suzuki Ertiga Bisa Dimodifikasi Jadi XL7?

Di catatan ekspor Agustus lalu, Meksiko melakukan ekspor sebanyak 1.071 unit dalam bentuk Completely Built Up (CBU). Nah, dari total tersebut khusus All New Ertiga diekspor 591 unit atau 55%.

Dilihat dari hasil penjualan, All New Ertiga di Meksiko tumbuh positif. Angka ini berhasil membawa All New Ertiga meraih 22 persen pangsa pasar penjualan ritel MPV di Meksiko untuk Agustus.

"Meski pasar otomotif di beberapa negara termasuk Indonesia masih berjuang pada tahun ini akibat pandemi, namun ekspor Suzuki sudah mulai pulih dan mencatatkan angka positif," ujar Assistant Dept. Head Production Planning Control PT SIM Aris Yuliyantoro.

Baca Juga: Perjalanan Lengkap Suzuki Ertiga Di Indonesia

Dari catatan penjualan, All New Ertiga menjadi model kendaraan yang memberikan kontribusi ekspor tertinggi yaitu 49% selama Januari sampai Agustus 2020.

Agustus 2020 PT SIM berhasil mengeskpor 5.132 unit mobil baik dalam bentuk CBU maupun Completely Knock Down (CKD). All New Ertiga diekspor sebanyak 1.007 unit CBU dan 780 unit CKD ke berbagai negara.

"Positifnya angka ekspor Suzuki All New Ertiga dan model Suzuki lainnya membuktikan bahwa produk-produk buatan Indonesia diterima dengan baik oleh dunia internasional," tambahnya.