POPULAR STORIES

Perjalanan Lengkap Suzuki Ertiga Di Indonesia

Perjalanan Lengkap Suzuki Ertiga di Indonesia Suzuki Ertiga Suzuki Sport

KabarOto.com - Suzuki Ertiga, boleh dibilang merupakan salah satu model Low Multi Purpose Vehicle (LMPV), yang cukup populer di Tanah Air.

Bahkan, Ertiga menjadi kendaraan penumpang dengan penjualan tertinggi, yang ditawarkan Suzuki untuk pasar otomotif nasional.

Baca Juga: Video Review All New Suzuki Ertiga Sport

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang periode Januari hingga November 2019, Suzuki All New Ertiga berhasil membukukan angka penjualan retail sales sebesar 23.656 unit.

Jumlah tersebut, menjadi yang kedua dari penjualan Suzuki secara nasional setelah Carry pikap. Perjalanannya dimulai sejak 2012, generasi pertama meluncur untuk pasar domestik pada 22 April pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012.

Suzuki Ertiga generasi pertama

Sebelumnya, Suzuki Ertiga hadir berupa mobil konsep dengan nama R-III pada ajang IIMS 2010 dan tampil perdana secara global, pada ajang New Delhi Auto Expo 2012, India.

Nama Ertiga berasal dari bahasa Indonesia, yang merupakan gabungan dari Er (penyebutan huruf R) dengan arti Row atau baris dan tiga, yang berarti angka 3. Jadi, Ertiga memiliki arti mobil yang memiliki susunan kursi 3 baris pada kabinnya.

Mobil yang diproduksi pabrik Suzuki di Tambun dan Cikarang, Jawa Barat itu, menggunakan sistem penggerak roda depan (Front-Wheel Drive/FWD), sasis monokok dan mesin bensin K-Series.

Baca juga: Sambil Menanti Suzuki XL7, Interior All New Suzuki Ertiga Dibuat Segar

Ertiga juga menggunakan platform yang sama dengan Suzuki Swift generasi ketiga. Hadir dengan pilihan tipe GA, GL dan GX, Ertiga dibekali mesin tipe K14B, berkonfigurasi 4 silinder DOHC VVT dengan kapasitas 1.373 cc.