POPULAR STORIES

F1 Arab Saudi 2022: Latihan Hari Pertama, Charles Leclerc Mendominasi

F1 Arab Saudi 2022: Latihan Hari Pertama, Charles Leclerc Mendominasi Sirkuit Jeddah (Foto: Scuderia Ferrari)

KabarOto.com - Sesi latihan akhir (FP2) hari pertama di F1 Arab Saudi 2022, Jumat malam, (25/3), pembalap Scuderia Ferrari Charles Leclerc menjadi yang tecepat. Pembalap bernomor 16 ini bubuhkan waktu 1:30,074 detik, sedangkan posisi dua ditempati Max Verstappen (Red Bull Racing), diikuti Carlos Sainz (Scuderia Ferrari).

Catatan waktu yang diraih Leclerc merupakan pertajaman waktu yang sempat juga mendominasi pada sesi pembuka latihan (FP1). Sayangnya, meski torehan cepat di lintasan cukup memuaskan dirinya alami kendala di penghujung sesi FP2.

Baca juga: Aseel Al Hamad dan Abbi Pulling menjadi wanita pertama yang mengendarai mobil F1 di Arab Saudi

Charlers Leclerc



"Saat FP2 ada kesalahan kecil, tapi tak membuat saya kehilangan kepercayaan diri. Berharap bagian depan bisa meluncur mulus namun menyenggol dinding bagian dalam di tikungan 4," ujar Leclerc.

Adapun Verstappen sepertinya sudah melupakan apa yang terjadi di F1 Bahrain pekan lalu. Dirinya sudah bisa kembali bangkit di sesi latihan hari pertama menempel Ferrari. Bahkan dirinya memuji semua berjalan lancar dan bisa melengkapi program serta mencoba set ban berbeda.

Max Verstappen



"Sepertinya Ferrari akan kembali kompetitif lagi, kami masih perlu lakukan penyempurnaan untuk bisa mengejar mereka dan masih banyak yang bisa disempurnakan lagi," ujar Verstappen.

Dirinya menjelaskan bahwa kondisi sirkuit masih sama seperti tahun lalu, "Dinding pelindung telah digeser untuk memberikan pandangan lebih luas, tapi sepertinya tak disadari."

Pembalap asal Belanda menyatakan akan lebih serius jelang kualifikasi, karena masih banyak data yang bisa diolah. "Kita lihat bagaimana nanti," yakinnya.

Carlos Sainz



Sementara itu Sainz berharap karakter mobil bisa lebih beda saat digeber di Jeddah berbanding di Bahrain. Ada kendala juga ditemui tapi tak menjadi halangan melajukan mobil. "Kita masih pelajari lagi mempersiapkan mobil di kondisi berbeda dan juga tikungan," tegas Sainz.

"Seperti tahun lalu, memahami pilihan ban mana yang terbaik saat balapan menjadi hal penting untuk terapkan strategi. Sayang, tak sempat lakukan long run di penghujung FP2 setelah saya menyenggol dinding dan harus tetap di garasi," beber pembalap bernomor 55 ini.

Mengekor di posisi empat adalah Sergio Perez (Red Bull Racing), bukukan waktu 1:30,360 detik. Kemudian ditempel oleh Lewis Hamilton di posisi lima yang tak menampik masih mendapat kendala sama seperti di seri sebelumnya di Bahrain.

Baca juga: Sebastian Vettel Absen F1 Arab Saudi 2022

Lewis Hamilton



"Kami masih menyempurnakannya. Benar lebih sulit di sini dengan tikungan kecepatan tinggi, namun cengkeraman sangat bagus di sirkuit dan saat ini tinggal mengulik agar bisa lebih kencang saat di lintasa lurus," beber Hamilton.

Dirinya melanjutkan bahwa data akan diolah untuk hadapi sesi latihan hari kedua dan kualifikasi. "Mencoba mempelajari data di hasil ini agar bisa menempatkan kami di posisi terbaik di sesi kualifikasi," tegas pengguna nomor 44 ini.