POPULAR STORIES

F1 Tidak Jadi Gunakan Cover Pelek Lampu LED

F1 Tidak Jadi Gunakan Cover Pelek Lampu LED Foto : McLaren.

KabarOto.com - Formula 1 terus berkembang dengan teknologi yang semakin canggih. Pada 2021 lalu saat regulasi ban 13 inci berubah ke 18 inci, ada gagasan untuk menggunakan lampu LED di bagian cover pelek.

Namun seiring berjalannya waktu gagasan itu perlahan dilupakan. Sejatinya teknologi itu sebenarnya berfungsi sebagai informasi ke penonton nantinya, tentang berbagai hal.

"Anda bisa menampilkan posisi, Anda bisa menampilkan logo, Anda bisa menampilkan lap time di kualifikasi, atau semacamnya. Anda memiliki teknologinya, jadi mudah untuk memprogram apa yang ingin Anda tampilkan," ujar Kepala Pirelli Motorsport, Mario Isola.

Baca Juga : Red Bull Racing Naik Daun, Persaingan F1 Ketat Di Tengah

Meski teknologinya mungkin telah mengalami kemajuan, salah satu kekhawatiran terbesar dari sistem LED ini adalah potensi peningkatan bobot di area sensitif mobil.

Ilustrasi cover LED saat digunakan. Foto : The Drive.

Peralihan F1 dari ukuran ban 13 inci ke 18 inci telah memicu peningkatan bobot yang cukup signifikan, dengan bagian depan lebih berat 2,5 kg dan bagian belakang lebih berat 3 kg.

Baca Juga : Klasemen Pembalap F1 Usai GP Azerbaijan, Max Verstappen Dan Sergio Perez Terpaut Tipis

Seperti kita tahu banyak tim berjuang untuk membuat mobil mereka jauh lebih ringan, dan menambah bobot karena sistem LED jelas bukan sesuatu yang akan diterima para tim.